Penurunan kasus stunting dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) menjadi prioritas Kecamatan Lampihong dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2023.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan Rakhmadi Yusni di Paringin, Kamis, mengatakan ada 223 usulan yang diterima di Kecamatan Lampihong.

"Semua usulan tersebut masih terus berlanjut hingga sampai di Musrenbang finalisasi yang akan dilaksanakan di tingkat kabupaten," kata Rakhmadi.

Sementara Plt Camat Lampihong Mariani menyebutkan yang jadi prioritas usulan pada Musrenbang adalah tentang penurunan angka stunting dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di kecamatan tersebut.

Menurut Mariani, karena angka stunting di Kecamatan Lampihong terbilang tinggi di antara kecamatan lain jadi ini menjadi prioritas usulan yang disampaikan pada Musrenbang.

Selain itu, dalam usulan tersebut juga ada rencana peningkatan fasilitas gedung pertemuan dan pembangunan Gedung Kreasi Anak Remaja.

Sementara kendala dalam penanganan stunting di wilayah Lampihong adalah tentang kesadaran masyarakat terkait bahaya stunting serta tentang pentingnya pola hidup sehat.

"Kendala penanganan stunting adalah tentang masyarakat yang menganggap biasa, karena banyak dari mereka menganggap ciri fisik badan kecil dari stunting adalah faktor keturunan," sebutnya.

 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023