Ahmad Rusyadi (20) awalnya menjadi salah satu mahasiswa penerima Bidikmisi dari Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 
Namun karena nilai akademik dan prestasi mahasiswa program studi Teknologi Informasi Universitas Lambung Mangkurat ini cukup menonjol akhirnya terpilih sebagai penerima beasiswa Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) dari Adaro.
 
Bagi Rusyadi kuliah pada  program studi Teknologi Informasi memakan biaya cukup banyak terutama untuk memenuhi kebutuhan komputer yang memadai untuk mendukung kegiatan belajar.
 
Dengan beasiswa dari Adaro ia mampu memenuhi kebutuhan tersebut dan berhasil membeli komputer yang memadai dalam menunjang perkuliahan .
 
"Komputer yang saya beli dari beasiswa Adaro sangat bermanfaat untuk mengerjakan tugas, mengikuti lomba dan lainnya," ungkap Rusyadi.
 
Kini putra pasangan H Hasan dan Hj Muhibbah ini dipercaya menjadi Lead Google Developer Student Clubs ULM yakni komunitas berbasis universitas untuk saling berbagi ilmu pengetahuan dan pengalaman antar mahasiswa terkait teknologi.
 
Melalui study club ini para anggotanya mengadakan berbagai kegiatan seperti webinar tentang teknologi dan study jam dimana mahasiswa belajar bersama untuk meningkatkan hardskill mereka.
 
"Di Google Developer Student Clubs kami belajar untuk menjadi Android Developer, Machine Learning Developer, dan UI/UX designer," jelasnya.
 
Rusyadi pun mencoba kemampuannya di bidang teknologi informasi dengan mengikuti lomba Gemastik tingkat nasional pada 2021.
 
Pada pagelaran mahasiswa nasional bidang teknologi informasi dan komunikasi yang diinisiasi Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ia berhasil menjadi finalis.
 
Sebagai mahasiswa program studi teknologi informasi Rusyadi yang lahir di Kota Martapura Kabupaten Banjar ini juga aktif di sejumlah organisasi kampus.
 
Diantaranya anggota riset dan teknologi Forum Inovasi Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (2020-2021), anggita pengembangan sumberdaya manusia pada Asosiasi Peneliti Muda (2020-2021) dan koordinator Dldivisi riset dan teknologi Himpunan Mahasiswa Teknologi Informasi (2021).
 
Rusyadi kini menjalani program Magang selama dua bulan di kantor Adaro Jakarta untuk bidang CSR.
 
 "Ahadulilah punya kesempatan magang di kantor Adaro untuk bidang CSR," ungkapnya.
 
Program magang yang dijalaninya sejak 26 Desember 2022 sampai 26 Februari 2023 di bidang CSR Adaro Rusyadi mencoba mengembangkan sistem informasi manajemen berbasis teknologi 
 
Selain itu ia menjadi lebih menguasai teori dan implementasi dari sistem informasi manajemen suatu perusahaan.
 
 "Ini pengalaman magang pertama dan saya juga mendapatkan pengalaman cara bertahan hidup di Jakarta dengan persediaan yang ada," ucapnya.
 
Baginya suatu perusahaan pasti memerlukan sistem informasi manajemen dalam menjalankan perusahaannya. 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023