Pengerjaan pembangunan Gedung Rumah Sakit Umum Daerah Pembalah Batung (RSUD - PB ) yang baru di Desa Muara Tapus hampir rampung. Penjabat Bupati Hulu Sungai Utara (HSU) Raden Suria Fadliansyah bersama Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari meninjau proyek pengerjaannya karena sudah melewati tenggat waktu.

"Kita berharap pihak kontraktor bisa secepatnya merampungkan pembangunan rumah sakit sesuai waktu yang ditetapkan," ujar Pj Bupati HSU Raden Suria di sela peninjauan.

Pj Bupati berterima kasih kepada ketua dan  anggota DPRD HSU yang mendukung pembangunan RSUD PB mengingat sarana gedung yang lama di tengah pusat Kota Amuntai sudah tidak memungkinkan untuk pengembangannya 

Proyek Manager PP KSO Site Amuntai Iman Rahman menyampaikan bahwa mereka masih memiliki waktu yang diberikan untuk menyelesaikan proyek dan optimis terkejar.

"Pada intinya PP KSO beritikad baik dan berkomitmen  untuk menyelesaikan sisa pekerjaan dimana saat ini progres sudah 94,6 persen dan 5,4 persen sisanya, yang mana sesuai dengan pemberian kesempatan untuk menyelesaikannya adalah 50 hari dan kami berkomitmen 50 hari ke depan selesai," ujar Iman.
 
Penjabat Bupati HSU Raden Suria Fadliansyah dan Ketua DPRD HSU Almien Ashar Safari bersama pihak kontraktor dan pejabat SKPD saat peninjauan lokasi pembangunan Gedung Rumah Sakit Pambalah Batung di Desa Muara Tapus, Selasa (10/01/23). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Imam mengatakan, pekerjaan rumah sakit tersebut mengalami keterlambatan, berdasarkan kontrak kerjasama antara Pemerintah Daerah HSU dengan Kontraktor pelaksana PT. Pembangunan Perumahan Kerja Sama Operasional (PP KJO)  waktu pelaksanaan pekerjaan adalah 390 hari.

Disampaikan, Bangunan RSU PB yang baru ini memiliki empat gedung utama terdiri dari Gedung Poli Klinik ,Gedung IGD, Gedung Radiologi ,serta Gedung Rawat Inap dengan luas lahan sekitar 18000 meter persegi dan menelan biaya sekitar Rp174 miliar lebih.

Pemkab HSU bersama DPRD sempat memberikan jatah waktu pengerjaannya selama dua tahun anggaran, namun pihak kontraktor kabarnya menyanggupi untuk menyelesaikan selama satu tahun anggaran.

Berdasarkan pantauan , sarana yang belum selesai dikerjakan saat kunjungan rombongan Pj. Bupati HSU adalah akses jalan utama yang  belum selesai di cor, demikian pula akses penghubung antar gedung, kelistrikan, sebagian toilet belum selesai dikerjakan, tempat parkir, halaman dan pagar. Namun bangunan gedung utama sebanyak empat buah sudah berdiri kokoh.

Pada peninjauan tersebut Pj Bupati didampingi Pelaksana tugas (Plt) Asisten  Bidang Pemerintahan dan Kesra H.Adi Lesmana, Plt Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syaifullah, Direktur RSUD PB Amuntai dr Moch Yandi Friyadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Amos Silitonga, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) HM Haridi dan Plt Dinas Kesehatan H Hermani Johan.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023