Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru atas pembinaan dan pengawasan di bidang pengelolaan aset desa dan ketepatan waktu penyampaian laporan hasil Inventarisasi (LHI) aset desa tahun 2021 oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

"Pembinaan dan pengawasan atas aset desa kita lakukan secara benar agar tidak terjadi pertentangan di kemudian hari," kata Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan, di Kotabaru, di laporkan Selasa

Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah semata-mata bagian dari pelayanan untuk masyarakat dengan mengelola aset desa secara benar untuk meminimalisir permasalahan di kemudian hari baik dengan pemerintah daerah maupun dengan masyarakat itu sendiri.

"Saya selalu menegaskan, permasalahan batas desa dan semua aset desa supaya dilakukan penataan serta dibuatkan dokumen serta bukti autentik tentang sejarah kepemilikan nya " katanya

Ia berharap, kelengkapan data dokumen aset desa dengan segala kegunaanya dapat diarsipkan dengan benar dan dapat dipelihara dengan baik sehingga tidak terjadi permasalahan di kemudian hari.

Kepala DPMD Kotabaru Basuki menyampaikan, penghargaan yang diraih ini berkat kerja sama dan dukungan oleh semua pihak terutama dukungan dari pemerintah Kotabaru dalam hal ini Bupati Kotabaru Sayed Jafar.

"Jadi pada 2021 sesuai  perintah dari kementerian dalam negeri dan desa kepada seluruh desa, agar mendata aset seluruh desa dan kami tindaklanjuti untuk mendata seluruh aset yang ada di desa-desa dan semua aset yang kita data melalui desa itu sudah kami laporkan ke Kementerian,". ucap Basuki

Dia menyampaikan, bahwa Bupati terjun langsung ke lapangan untuk melihat infrastruktur jalan dan bangunan yang menjadi aset di masing masing desa guna pemutakhiran data data aset desa yang sudah ada.

" Jadi bahwa selama kepemimpinan pa bupati bahwa sejak beliau menjabat sebagai bupati sudah menjalani dan melihat langsung ke desa bagaimana infrastruktur yang ada di desa sehingga beliau berkomitmen untuk membangun infrastruktur " Katanya

Ia juga memaparkan dengan di bangunnya infrastruktur jalan maka selanjutnya pembangunan-pembangunan lain juga mengikuti seperti pasar desa, sekolah mulai dari paud sampai dengan SD minimal di desa, posyandu dan pembinaan sebagainya.   
                                                                                          
Basuki juga menjelaskan, Kotabaru juga menerima penghargaan lainnya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan yang diberikan untuk Pemerintah Kabupaten Kotabaru atas Prestasi sebagai Kabupaten dengan kinerja terbaik mengurangi status desa tertinggal tahun 2022.

"Ke dua penghargaan ini merupakan bagian pelayanan untuk masyarakat dan untuk memberikan kesejahteraan seperti fasilitas dan di per gunakan seluas luasnya untuk masyarakat " paparnya.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023