Direktorat Lalu Lintas Polda Kalimantan Selatan menambah sebanyak delapan electronic traffic law enforcement (E-TLE) Mobile Handheld untuk tilang elektronik yang bekerja mengandalkan tenaga petugas untuk merekam pelanggaran lalu lintas yang ditemui di jalan raya.

"Delapan alat E-TLE Mobile Handheld ini dibagi ke Polres-Polres, untuk operasionalnya tinggal menunggu pengaktifan akun di server E-TLE Nasional Korlantas," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Kalsel Kompol Ridho Tri Putranto di Banjarmasin, Rabu (4/1).

Dia merinci delapan E-TLE Mobile Handheld itu dibagikan masing-masing dua untuk  Polresta Banjarmasin dan Polres Barito Kuala, masing-masing satu untuk Polres Banjarbaru dan Polres Banjar serta dua dioperasikan untuk Ditlantas Polda Kalsel.

Untuk cara kerjanya, jelas Ridho, anggota polantas memotret setiap menemukan pelanggaran menggunakan alat E-TLE Mobile Handheld, kemudian data yang terekam dikirim ke pusat Traffic Management Center.

"Prinsipnya sama saja dengan E-TLE statis di traffic light, namun bedanya hanya  menggunakan tenaga petugas untuk memotret secara berjalan dan bisa berpindah-pindah lokasi," jelasnya mewakili Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo.

Kemudian untuk petugas yang ditunjuk mengoperasikan alat E-TLE Mobile Handheld pun tak sembarangan yaitu melalui serangkaian pelatihan serta dinilai memiliki kualifikasi sehingga bisa dipertanggungjawabkan.

"Sebagaimana arahan Kapolri agar tak ada lagi tilang manual, maka E-TLE terus dikembangkan dengan harapan masyarakat semakin tertib berlalu lintas agar menekan kasus fatalitas akibat kecelakaan," ujar Ridho.

Diharapkan pula partisipasi pemerintah daerah untuk membantu menambah E-TLE di masing-masing wilayah agar kedepannya seluruh kabupaten di Kalsel memilikinya sehingga penegakan hukum tilang dapat berjalan optimal tanpa interaksi petugas dan pelanggar.

Diketahui saat ini Ditlantas Polda Kalsel telah memiliki E-TLE statis di tiga lokasi lampu lalu lintas di Banjarmasin serta tiga lokasi lainnya dioperasikan Satlantas Polresta Banjarmasin.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2023