Arus lalu lintas di Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan memasuki momentum natal dinilai sudah mengalami peningkatan dibandingkan hari sebelumnya. 

"Secara umum aman kondusif, arus lantas landai," ujar Kapolres Tapin AKBP Ernesto Saiser kepada ANTARA di Rantau, Minggu.

Kasat Lantas Polres Tapin AKP Imam Suryana merincikan bahwa aktivitas kendaraan hari ini meningkat sekitar 10 persen didominasi roda dua dan empat. 

"Kebanyakan dari arah Hulu Sungai menuju Banjarmasin. Mungkin orang lagi liburan" ujarnya, dikonfirmasi. 

Selaras dengan pernyataan Kapolres, kata dia, saat ini situasi dan kondisi  lalu lintas ini aman, lancar, terkendali meskipun terjadi peningkatan.

"Laka lantas, alhamdulillah, sampai saat ini masih nihil. Mudahan sampai pergantian tahun baru, dengan adanya anggota di lapangan bisa menekan angka laka lantas," ujarnya. 

Puluhan anggota gabungan saat ini diturunkan di penjuru wilayah perlintasan di Tapin, untuk siap siaga mengamankan arus lalu lintas.

Lanjutnya, beberapa peristiwa dan kondisi yang menghambat lalu lintas berhasil ditangani dengan baik oleh personil yang bertugas di lapangan. 

"Di km 101 ada mobil tangki yang terperosok, sempat mengganggu arus lalu lintas namun sekarang sudah berhasil dikendalikan," ujarnya. 

Masih di Jalan A Yani km 101, Kecamatan Tapin Selatan, proyek pembangunan underpass milik PT Antang Gunung Meratus di sekitar jalan nasional itu dinilai mengganggu lalu lintas. 

"Adanya itu (proyek) jelas mengganggu, namun dapat kita antisipasi dengan kita turunkan personil di sana membackup pengamanan arus lalu lintas," ungkapnya. 

Baca juga: Polres Tapin beri layanan serba gratis di pos Nataru 2023

Baca juga: Polres Tapin atur akses angkutan tonase besar saat Nataru

Baca juga: Arus balik mudik terpantau padat lancar di Tapin Kalsel

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022