Manajemen Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin buka posko terpadu angkutan udara mengantisipasi penumpang menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.
 
General Manager Bandar Udara Internasional Syamsudin Noor Dony Subardono di Banjarbaru, Senin mengatakan, posko terpadu dibuka di selasar Exhibition Hall terminal kedatangan mulai Senin (19/12). 
 
"Posko terpadu angkutan udara Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dibuka selama 16 hari mulai Senin hari ini hingga tanggal 3 Januari 2023," ujar Dony usai meresmikan operasional posko terpadu itu.
 
Ia mengatakan, posko sinergi yakni gabungan manajemen Angkasa Pura I, TNI, Polri, Airlines, Perum LPPNPI (Airnav), BMKG, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Banjarmasin, dan komunitas bandara lainnya.
 
Disebutkan, kondisi "peak season" menjelang akhir tahun memerlukan perhatian khusus mengingat prediksi traffic lalu lintas udara juga akan mengalami peningkatan lebih banyak dari hari-hari biasa.
 
"Kami selaku operator bandara mendukung dan mengapresiasi kolaborasi antara stakeholder terkait demi mewujudkan keamanan dan kelancaran lalu lintas perjalanan udara di bandara," ungkapnya.
 
Dikatakan, posko terpadu beroperasi sesuai jam operasional bandara yang terletak di Banjarbaru itu yakni setiap hari mulai pukul 06.00-22.00 WITA melayani calon penumpang dan pengguna jasa bandara lainnya.
 
"Berbagai persiapan dilakukan untuk mewujudkan pelayanan terbaik mulai dari penerapan protokol kesehatan, fasilitas kebandarudaraan, kesiapan personel operasional, antisipasi keselamatan, keadaan darurat, accident dan force majeure," ujarnya.
 
Ditekankan, posko terpadu salah satu komitmen memberi pelayanan terbaik bagi pengguna jasa bandara sehingga telah menyiapkan seluruh fasilitas dan antisipasi atas kondisi abnormal yang mungkin terjadi.
 
Selain itu, mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19, sehingga menghimbau seluruh pengguna jasa bandara menggunakan masker dan tetap melakukan protokol kesehatan di area bandara setempat.
 
"Manajemen Angkasa Pura I juga bersiap dengan potensi peningkatan arus penumpang dengan melakukan contingency plan mengantisipasi permasalahan atau kondisi yang tidak normal," kata dia.
 
Dikatakan, selama Natal dan tahun baru, prediksi puncak keberangkatan Jumat (30/12) dengan total 8.004 penumpang dan puncak arus balik juga terjadi Jumat atau H+3 posko dengan penumpang 3.657 orang.
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022