Banjarbaru (Antaranews Kalsel) - Transaksi keuangan yang berhasil dicapai pada pameran pembangunan atau "Banjarbaru Fair" 2016 di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, selama lima hari mencapai Rp2,8 miliar.


Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani di Banjarbaru, Selasa, mengatakan cukup puas atas transaksi yang telah berhasil dicapai meski pun menurun dibanding tahun lalu.

"Nilai transaksi menurun dibanding tahun lalu sebesar Rp4,2 miliar tetapi kami cukup puas karena pelaksanaan berjalan aman, tertib serta lancar," ujarnya usai menutup pameran.

Ia mengatakan, jumlah transaksi yang berhasil dibukukan selama lima hari sejak 8-12 April 2016 sebanyak 11.250 transaksi atau meningkat 7,24 persen dibanding tahun lalu.

Selain itu, jumlah pengunjung yang mendatangi pameran di Lapangan Murjani depan Balai Kota Banjarbaru juga meningkat menjadi 3.312 orang atau naik 3,5 persen.

"Transaksi keuangan tidak hanya didominasi satu produk tetapi hampir merata seluruh produk baik otomotif, perumahan, elektronik hingga jenis makanan dan minuman," ucapnya.

Disebutkan, produk makanan atau kuliner juga membukukan penjualan yang cukup tinggi karena banyaknya pengunjung yang datang sekaligus menikmati aneka kuliner.

"Kuliner menjadi salah satu target pengunjung karena setelah melihat-lihat arena pameran, mereka bisa menikmati beragam makanan maupun minuman," ungkapnya.

Dikatakan, pameran dalam rangka hari jadi ke-17 Kota Banjarbaru diikuti 87 peserta yang menempati 110 stan tenda tertutup maupun kerucut yang menampilkan produk unggulan.

Selain produk unggulan, juga ada perbankan, perumahan, otomotif, alat elektronik, garmen, dan pelayanan perizinan, kesehatan serta pelayanan publik di lokasi pameran.

"Berbagai hiburan ditampilkan di antaranya gelar tari nusantara, "fashion show" Sasirangan, dan pentas seni Islami yang menjadi daya tarik pengunjung," katanya.

Direktur PT Tiga Warna Promo Exhis Ike Agung mengatakan, pameran yang diselenggarakan sukses meski pun jumlah peserta lebih menurun jika dibanding tahun sebelumnya.

"Kami bersyukur karena pameran sukses dan berjalan tertib serta lancar tanpa hambatan. Harapan kami, apa yang ditampilkan dinikmati seluruh masyarakat," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016