Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Kalimantan Selatan mengapresiasi lembaga pendidikan yang memperhatikan aktivitas seni dan kreativitas peserta didik.

"Para guru dan orang tua hendaknya tidak menganggap remeh aktivitas anak yang terkait dengan seni dan kreasi karena manfaatnya bisa  membangun kreativitas dan kepercayaan diri anak," ujar Kepala seksi Pendidiian Anak Usia Dini (PAUD) Jauhari di Amuntai, Kamis.

Jauhari mengatakan, Lembaga PAUD Islam Terpadu berupa Kelompok Bermain (KB) Ihsanul Amal di Kecamatan Sungai Pandan sering menyelenggarakan pentas seni bagi peserta didik, diharapkan menjadi agenda rutin agar menjadi contoh bagi sekolah lain.
 
Pameran, Bazar dan kegiatan Wakaf Buku menampilkan kreasi Anak PAUD di KB IT Ihsanul Amal Kecamatan Sungai Pandan Alabio Kabupaten HSU, Kamis (01/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Kepala Pengelola KB IT Ihsanul Amal, Noorhidayati Fitriani Sofa mengatakan, pentas seni diselenggarakan untuk memberikan  kesempatan bagi anak menunjukkan kepercayaan diri dan kreativitas mereka.

"Kreativitas dan rasa percaya merupakan dua faktor yang akan mempengaruhi masa depan mereka yang harus ditumbuhkan sejak dini," katanya.

Noorhidayati mengatakan, pihak sekolah tidak hanya menampilkan panggung seni untuk anak tapi juga kegiatan pameran/bazar kreativitas kerajinan tangan anak diantaranya kerajinan  gelang  tangan sederhana, tunjuk ngaji, membuat tempat pensil.
 
Para pemdidik KB IT Ihsanul Amal mengumumkan pemenang lomba pentas seni dan pameran kreasi anak, Kamis (01/12/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Selain itu ada pula bazar buku dan wakaf buku yang disediaka melalui Program Wakaf Buku dari orang tua peserta didik.

"Ketika nanti dananya terkumpul maka kami belikan paket buku dan kami infaqkan buku tersebut ke lembaga yang membutuhkan," terang Noorhidayati.

Pentas seni yang menampilkan lomba Fashion Show dan bazar/pameran di Halaman KB IT Ihsanul Amal ini mengusung tema "Ayo Tingkatkan Percaya Diri dan Kreativitas Anak Melalui Ajang Kreasi.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022