Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) HSS, H. Muhammad Noor, menyerahkan bantuan sosial (bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP).

Penyerahan secara simbolis kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Simpur dan Kalumpang, dilakukan di aula Kecamatan Simpur.

"Penyaluran bantuan ini berdasarkan penetapan APBD Perubahan 2022, dengan total penerima bantuan sosial PRS sebanyak 262 orang KPM," kata Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, sebagaimana disampaikan Diskominfo HSS dalam siaran pers kepada Antara, Selasa (29/11).

Baca juga: Pemkab HSS kembali salurkan bansos PRS dan UEP

Sedangkan, untuk penerima bantuan UEP ditetapkan sebanyak 116 KPM, yang juga telah melalui verifikasi tahap akhir se-Kabupaten HSS.

Pada penyaluran bantuan kali ini, KPM yang berhak menerima PRS di Kecamatan Simpur sebanyak 25 orang, dan UEP sebanyak 13 orang.

Sementara, untuk Kecamatan Kalumpang, jumlah penerima PRS 17 orang, dan UEP 12 orang, yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati HSS kepada KPM.

Baca juga: BLT BBM dari Pemkab HSS efektif kurangi beban pengeluaran masyarakat miskin

Bantuan akan disalurkan melalui Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan sebagai bank penyalur bantuan sosial, dengan besaran bansos PRS senilai Rp17,5 juta per KPM, bansos UEP senilai Rp3 juta per KPM.

Bupati H. Achmad Fikry mengatakan inti dari program ini adalah agar masyarakat bisa menempati rumah layak huni, dan bisa lebih nyaman di rumah.

"Lalu penyerahan bantuan UEP kita berikan sebagai tambahan modal usaha, yang diharapkan memiliki prospek bagus kepada para pemilik usaha," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022