Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Sebanyak 3.702 siswa sekolah menengah atas dan yang sederajat di Kota Banjarbaru, akan mengikuti ujian nasional yang dilaksanakan serentak mulai Senin (4/4).


"Seluruh siswa SMA dan yang sederajat peserta UN sudah siap ikut ujian," ujar Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendididikan Kota Banjarbaru, Fathus Syar`i di Banjarbaru, Minggu.

Ia mengatakan, ribuan calon peserta UN tingkat sekolah menengah atas dan yang sederajat itu sudah disiapkan mengikuti ujian baik yang berbasis komputer maupun kertas.

Disebutkan, jumlah sekolah yang menjadi penyelenggara ujian nasional sebanyak 35 sekolah terdiri dari 8 SMA, 13 SMK, 8 MA ditambah enam SKB penyelenggara ujian paket C.

"Seluruh sekolah telah menyiapkan ruang kelas sebagai tempat ujian dan kami sudah mengecek, seluruhnya sudah siap digunakan untuk ujian, Senin besok," ungkapnya.

Menurut dia, jumlah sekolah yang melaksanakan ujian berbasis komputer sebanyak tujuh sekolah yakni SMAN 1 dan SMAN 2, SMKN 1, 2 dan 3, SMK Telkom dan SMK Komputer.

"Sekolah pelaksanan UN berbasis komputer juga sudah disiapkan dan seluruh peralatan pendukung juga siap digunakan sehingga diharapkan ujian lancar," ucapnya.

Sementara, peserta UN berbasis kertas juga siap mengikuti ujian yang dilaksanakan mulai pukul 07.30 Wita menggunakan materi soal UN yang disimpan di Mapolres Banjarbaru.

"Kami sengaja menempatkan naskah soal ujian di Mapolres karena jarak dengan sekolah penyelenggara ujian relatif dekat disamping menjamin keamanan materi soal," ujarnya.

Dikatakan, pelaksanaan UN saat ini lebih mengutamakan integritas siswa peserta ujian karena kelulusan sekolah ditetapkan pihak sekolah sehingga peserta diminta jujur.

"Pelaksanaan UN mengutamakan kejujuran sehingga peserta sangat diharapkan kejujuran dalam menjawab soal-soal ujian, karena kelulusan keputusan sekolah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016