Sebagai bentuk kepedulian bidang lingkungan hidup, PT Adaro Energy Indonesia Tbk bersama Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup mengadakan pelatihan penyadaran lingkungan hidup Green Leader yang dilaksanakan secara offline selama 11 hari di Eco Camp, Bandung, 9 sampai 11 November 2022.  

Pelatihan ini bertujuan memberi pemahaman baru mengenai lingkungan hidup dan berbagai permasalahannya khususnya di Indonesia.

Diantaranya kesadaran baru hidup ekologis dan terciptanya rencana serta aksi nyata yang akan dilakukan sesudah pelatihan di daerah asal peserta secara berkelanjutan.  

 Adaro melalui pilar “Adaro Nyalakan Lestari” mendukung pelestarian lingkungan sejak 2015, telah berinisiatif mengirimkan peserta wilayah kerja Adaro untuk mengikuti pelatihan Green Leader yang diselenggarakan Yayasan Sahabat Lingkungan Hidup melalui Eco Camp.  

 CSR Department Head Adaro Energy Indonesia, Zuraida Murdia Hamdie menjelaskan di Hari Ulang Tahun Adaro yang ke-30, Adaro meluncurkan pilar baru yaitu Adaro Green, dimana pilar ini menegaskan sebagai perusahaan energi, Adaro makin mantap memperkuat bisnis mendukung pelestarian lingkungan, terutama sumber energi baru dan terbarukan.

  “Semangat ini sejalan dengan strategi dan implementasi pemberdayaan masyarakat CSR Adaro dan kami percaya, kesadaran melestarikan lingkungan tidak muncul dan tumbuh begitu saja," ungkap Zuraida.

Karena itu desa-desa di wilayah operasional Adaro memerlukan pemimpin komunitas yang menjadi penggerak dan sumber inspirasi perubahan untuk kelestarian lingkungan.  
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Selanjutnya Ia berharap kekuatan kelompok Green Leader ini akan terus bertambah dengan lahirnya Green Leader baru setiap tahun, sehingga kekuatan kolaborasi di antara para alumni akan menghasilkan dampak yang lebih besar lagi demi keberlangsungan lingkungan yang lestari.  

 Hingga saat ini alumni Green Leader yang berasal dari beberapa kabupaten wilayah kerja Adaro berjumlah 70 orang yang terdiri dari para penggiat lingkungan dari komunitas ataupun dinas terkait serta guru-guru.  

 Di tahun ini pelatihan Green Leader angkatan ke 8 tahun 2022, diikuti oleh 32 orang dari 10 provinsi yang diseleksi dari sejumlah pendaftar, dimana delapan orang diantaranya adalah peserta yang dikirimkan oleh Adaro.  

Dampak positif pada gerakan pelestarian lingkungan hidup di kabupaten tersebut sangat nyata, dimana para Green Leader mampu menjadi penggerak di masyarakat dengan terlaksananya berbagai festival, aksi nyata, kampanye, edukasi, dan berbagai kegiatan lainnya.(adv)

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022