Balangan - (Antaranews Kalsel) - Badan Lingkungan Hidup dan Kebersihan (BLHK) beserta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kabupaten Balangan, terus berbenah untuk meningkatkan penilaian Adipura.

Kepala BLHK Balangan, Karim Suadi melalui salah seorang stafnya mengatakan, setidaknya ada beberapa sektor yang masih menjadi kendala utama Balangan tidak bisa mendapatkan adipura.

"Yaitu pada sektor fasilitas jalan termasuk di antaranya masalah keteduhan di tepi dan median jalan, kemudian masih kurangnya penempatan dan penggunaan tempat pemilah sampah seperti kompos di setiap fasilitas umum, termasuk perkantoran pemerintah," bebernya.

Sekarang kata dia untuk masalah peneduh di jalanan utama sudah dilakukan pembenahan seperti penanaman pohon dan bunga-bunga, sedangkan terkait pembenahan fasilitas jalan dan lain-lain, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan SKPD terkait.

"Selain itu nilai yang kita dapatkan sudah bagus, terutama pada pengelolaan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah dan kebersihan pasar," ungkapnya.

Terkait masalah penilaian Adipura, beberapa waktu lalu Pemerintah Kabupaten Balangan juga telah mendapat bimbingan teknis dari tim penilai.

Selain memberikan bimbingan teknis, tim penilai adipura dari Pemprov Kalsel juga memaparkan nilai minus Balangan pada penilaian adipura tahun 2015 lalu./c

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016