Polda Kalimantan Selatan mengirimkan sebanyak 100 anggota polisi lalu lintas (polantas) untuk membantu pertebalan personel pengawalan mobilitas kendaraan para delegasi selama gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

"Personel terdiri dari 50 anggota Ditlantas Polda Kalsel dan 50 anggota dari Polres Banjar dan Polres Banjarbaru," kata Direktur Lalu Lintas Polda Kalsel Kombes Pol Maesa Soegriwo di Banjarmasin, Senin.

Dijelaskan dia, personel polantas dari Polda Kalsel di bawah kendali operasi (BKO) Polda Bali ditugaskan untuk membantu kelancaran mobilitas iring-iringan kendaraan membawa tamu sangat penting atau very-very important person (VVIP).

Diketahui setidaknya 17 kepala negara  menghadiri G20 yang tahun ini Indonesia dipercaya sebagai tuan rumah yang puncak penyelenggaraannya berlangsung 15 dan 16 November 2022. 

Maesa menyebut banyaknya tamu VVIP yang hadir menuntut kesiapan personel keamanan termasuk polantas guna memastikan kelancaran arus lalu lintas di jalan raya khususnya kawasan yang dilintasi para delegasi.

"Sebelum berangkat ke Bali, seluruh personel sudah mendapatkan pembekalan dan pelatihan khusus agar mengetahui tugasnya secara benar," ungkap dia.

Indonesia mendapatkan kehormatan memegang Presidensi G20 setelah sebelumnya diemban Italia.

KTT G20 tahun ini mengusun tema 'Recover Together, Recover Stronger' dengan tiga isu prioritas yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital dan transisi energi berkelanjutan.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022