Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), Kalimantan Selatan menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 di halaman Kantor Bupati setempat, Kamis.

"Hari Pahlawan setiap tahun kita peringati dengan renungan yang sungguh-sungguh untuk menemukan kembali jejak para pahlawan dalam hidup berbangsa dan bernegara yang merdeka," ujar Komandan Kodim (Dandim) 1009/TLA Letkol Inf Indar Irawan membacakan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia (Mensos RI) Tri Rismaharini pada peringatan Hari Pahlawan dengan tema Pahlawanku Teladanku Tahun 2022.

Dia mengajak, seluruh elemen bangsa menghidupkan kembali perjuangan para pahlawan bangsa. 

"Dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan, penting kita resapi semangat dan keikhlasannya," ucapnya. 

Dalam amanat tersebut, Mensos juga menekankan,  agar semua pihak melakukan perjuangan besar menaklukkan ancaman dan tantangan yang ada. 

Pemanasan global memicu beragam bencana alam serta kelangkaan pangan, energi dan air bersih, papar dia,  perlu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh.

"Kita harus meneruskan pengembangan dan pemanfaatan energi baru dan terbaharukan, melakukan pengembangan sumber pangan  berbasiskan potensi dan kearifan lokal sebagai solusi pemenuhan kebutuhan pangan dan memperkuat keragaman pangan, mengelola sumber daya air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketahanan sumber  daya air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dan kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik lagi," lanjutnya.

Pada bagian akhir amanat Mensos menyatakan,  tantangan sesungguhnya bagi para pejuang muda adalah, mengelola kekayaan alam Indonesia yang luar biasa bagi kejayaan bangsa dan negara tercinta. 

"Mari kita merajut kesejahteraan menjadi pahlawan bangsa di masa depan," ajaknya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022