Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, H. Achmad Fikry bersama Sekretaris Daerah HSS, H. Muhammad Noor menghadiri Khataman Al-Qur'an dan Ikhtibar terbuka sekaligus memperingati Hari Santri Nasional, yang digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Abidin, Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya.

Kedatangan orang nomor satu di Bumi Rakat Mufakat ini di sambut hangat oleh para santri, dengan di iringi tarian hadrah dan juga dipersembahkan seni bela diri tradisional pencak silat.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada kita semua, utamanya dalam rangka meningkatkan kecintaan terhadap Al qur'an dan menjadikannya pedoman bagi hidup kita semua guna memperoleh berkah dan rahmat Allah SWT," kata bupati, Rabu.

Baca juga: Expo dan karnaval digelar di Hari Santri 2022 di HSS

Atas nama Pemerintah Kabupaten HSS, dirinya mengucapkan selamat kepada para santri sekalian yang pada hari ini mengikuti kegiatan Khataman massa,l.serta kepada para santri yang mengikuti Ikhtibar terbuka.

Ia berharap agar kegiatan semacam ini dapat terus di laksanakan secara rutin dan di laksanakan secara berkelanjutan, kegiatan baca tulis Al Qur'an merupakan suatu kegiatan yang harus dilestarikan.

Sebelumnya, panitia pelaksanaan melaporkan kegiatan ini atas kerjasama yang baik dengan majelis taklim, dewan guru serta organisasi Ponpes Minhajul Abidin.

Peserta khataman adalah santri yang tergabung dalam majelis tahfiz sejumlah 77 orang dan peserta iktibar berjumlah empat orang, perwakilan dari lima Juz,10 Juz,15 Juz dan 30 Juz.

Baca juga: Bupati HSS hadiri pengukuhan dan pembinaan mualaf Loksado

Adapun pendanaan bersumber dari kas dari majelis tahfiz sumbangan dari dewan guru, santri dan Yayasan Ponpes Minhajul Abidin.

Dalam rangkaian kegiatan diserahkan sertifikat kepada empat orang santri yang sudah melaksanakan Ikhtibar terbuka oleh Bupati HSS, beserta Pimpinan Pondok Pesantren Minhajul Abidin dan Ustadz Muhammad Fauzan.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan peresmian ruangan podcast yang ada di lingkungan ponpes setempat, kegiatan ini dihadiri Kepala Kemenag HSS, Ketua MUI HSS, Camat Sungai Raya, Pimpinan Ponpes Minhajul Abidin, perwakilan Forkopimda HSS, serta para habaib alim ulama guru-guru agama dan para orang tua santri.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022