Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalimantan Selatan, menerima kedatangan Kirab Obor Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI bertempat di halaman Kantor Bupati HSU di Kota Amuntai.

Pelaksana harian (Plh) Bupati HSU Zakly Asswan di Amuntai, Selasa mengatakan, dilaksanakan nya Kirab Api Obor Porprov ke XI Kalsel ini, untuk menggambarkan semangat Olahraga.

"Melalui Kirab Obor ke semua kabupaten/kota peserta Porprov menjadi ikatan bersama dalam sportivitas, menjadi alat komunikasi kepada masyarakat kita bahwa 13 Kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Selatan siap mendukung pelaksanaan Porprov XI 2022 di Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan," ujar Zakly.

Zakly mengatakan, Kirab Api Obor Porprov ke XI  Kalsel di arak dari Kabupaten Tabalong, Balangan, HSU dilanjutkan ke Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Tapin, Barito Kuala dan berakhir di Kota Banjarmasin.

Hari kedua, Kirab Api Obor akan di mulai dari Kota Banjarmasin menuju Kabupaten Banjar, lTanah Laut. Kotabaru, Tanah Bumbu,  terakhir Kayoaten HSS sebagai tuan rumah penyelenggara.
 
Rombongan yang membawa Kirab Obor Porprov XI Kalsel tiba di Kota Amuntai Kabupaten HSU, Selasa (1/11/22). (ANTARA/Eddy A/Diskominfo HSU)

Ia menambahkan bahwa melalui Kirab Api Obor menginformasikan kepada masyarakat dan media bahwa  dalam waktu dekat, pada 1 - 13 November 2022 ada even olahraga besar dan perlu mendapatkan sambutan serta dukungan dari seluruh Masyarakat Kalimantan Selatan untuk mensukseskannya.

"Sehingga diharapkan masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam meramaikan dan menggiatkan pekan olahraga," tandasnya.

Ia mendo'akan perhelatan olahraga empat tahunan di Kalsel ini terselenggara dengan baik, lancar dan sukses.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata HSU H. Junaidi Gunawan  mengatakan Kirab Obor juga dalam rangka menyemarakkan Porprov XI Kalsel 2022 agar masyarakat berpartisipasi memberikan dukungan pelaksanaannya di Kota Kandangan Kabupaten HSS 

"Memberikan suport dan semangat kepada atlet HSU  khususnya agar siap dan berjuang dengan sepenuh hati," katanya

Penyambutan Kirab Obor juga dihadiri ratusan pelajar sekolah dasar hingga SLTA yang bersemangat menyaksikan penyambutan rombongan Kirab Obor Porprov meski cuaca begitu panas terik.

Rombongan kirab obor Porprov tiba di halaman Kantor Bupati HSU sekitar pukul 12.15 wita dan disambut Plt Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata HSU beserta staf yang bertindak sebagai barisan penyambut Kirab Obor.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022