Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin menghadiri tradisi budaya Banjar Baayun Maulid di Bumi Cahaya Selamat (BCS) Martapura, Kabupaten Banjar pada Rabu.

Didampingi Staf Khusus Rizal Akbar, Paman Birin di lokasi acara Baayun Maulud pun dipersilahkan untuk ikut diayun yang sudah disiapkan panitia.

Diiringi syair maulid dan shalawat, Paman Birin pun diayun secara gantian oleh Rizal Akbar dan Sulkan, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik.

Kehadiran Gubernur Kalsel Paman Birin ternyata menjadi sesuatu yang spesial bagi masyarakat setempat.

Selain Paman Birin ikut baayun maulid, Paman Birin pun juga ikut mengayun anak-anak yang sudah siap baayun.

Bahkan, saat Paman Birin baayun, orang nomor satu itu memangku bayi yang merupakan putri bungsu Bupati Banjar H. Saidi Mansyur.

Selanjutnya, Paman Birin turut mentapung tawari dan mengayun anak-anak yang siap baayun maulid.

Secara begiliran diantarnya mulai anak bernama Putri Latifah, Nafiza dan Adira Azzahra.

Paman Birin pun mengaku senang melihat masyarakat yang senantiasa melestarikan budaya, salah satunya adalah baayun maulid.

"Kecintaan kita pada budaya, dan berupaya melestarikannya adalah wujud kita sebagai masyarakat yang berbudaya," kata Paman Birin.

Maayun anak sebut Paman Birin bukan sembarang maayun anak, terlebih baayun maulid. Dimana ada do'a dan harapan yang mengiringi saat anak-anak diayun dalam ayunan.

"Mudah-mudahan anak-anak kita yang diayun, yang diiring syair maulid dan do'a dari orang tua, menjadi anak yang shaleh-shalehah, berbakti kepada orang tua, bangsa, dan agama," do'anya Paman Birin.
 
Gubernur Kalsel Sahbirin Noor hadiri tradisi budaya Banjar Baayun Maulid di Martapura, Kabupaten Banjar, Rabu 26/10/2022. (Antara/Istimewa)


Bupati Banjar melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar, Dr. Mokhammad Hilman ST. MT menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Kalsel Paman Birin atas dukungan dan kahadiran pada kegiatan Baayun Maulid yang diselenggarakan oleh Pemkab Banjar bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Banjar itu.

"Terima kasih kami  sampaikan kepada Gubernur Kalsel Paman Birin atas dukungan dan kehadiran pada kegiatan Baayun Maulid ini di Kabupaten Banjar," sampai Hilman.

Baayun Maulid yang diselenggarakan oleh Pemkab. Banjar diikuti sebanyak 100 orang, yang terdiri dari masyarakat umum, anak-anak dari ASN Pemkab Banjar dan PAUD.

Event ini diselenggarakan untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, yang mana jatuh pada 12 Rabiul Awal, sembari mengharapkan keberkahan bagi anak-anak yang diayun yang diiringi sya'ir-sya'ir maulid.

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022