Tim pengendalian inflasi daerah (TPID) Kalimantan Selatan, menggandeng Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, untuk mencegah inflasi di wilayah tersebut.

"Upaya yang dilakukan saat ini adalah mengadakan operasi pasar murah di Halaman Masjid Darul Azhar Kecamatan Simpang Empat," Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian (DKUMP2) Tanah Bumbu H. Deny Hariyanto, di Batulicin Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan operasi pasar murah merupakan instruksi Presiden RI Joko Widodo dalam rangka gerakan nasional pengendalian inflasi pangan.

Hal ini dapat membantu masyarakat berpenghasilan rendah untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau seperti harga distributor yang disubsidi.   

Adapun bahan pangan yang disediakan di operasi pasar tersebut adalah beras, gula pasir, minyak goreng, kecap, teh, dan lain sebagainya.  

Manurut Deny, kegiatan seperti ini akan terus dilaksanakan guna membantu masyarakat terdampak inflasi di daerah. 

Selain didukung oleh SKPD Lingkup Pemkab Tanbu, kegiatan ini juga mendapat dukungan dari TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Tanah Bumbu.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tanbu Hj. Wahyu Windarti Zairullah menambahkan, operasi pasar murah ini merupakan langkah yang tepat dilakukan pemerintah mengingat belakangan ini harga pokok mengalami kenaikan sehingga berdampak terhadap masyarakat kalangan ekonomi menengah ke bawah.

"Semoga operasi pasar murah ini mampu menekan laju inflasi serta menjaga stabilitas harga pangan khususnya di "Bumi Bersujud"," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022