Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry meninjau langsung Gerakan Nasional Aksi Bergizi di SMAN 1 Kandangan dan SMPN 2 Kandangan.

Ia mengatakan, kegiatan ini dalam rangka Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Sekolah SMAN 1 Kandangan dan SMPN 2 Kandangan, dan ke depannya Germas akan dilaksanakan secara masif.

"Kegiatan dilaksanakan di lingkungan sekolah, sebab anak merupakan generasi bangsa, jadi mulai sekarang sebelum masuk kelas kita mulai senam pagi," katanya, usai melakukan peninjauan di SMPN 2 Kandangan, Rabu (26/10).

Selain itu, pihaknya akan membiasakan anak didik dengan pola makan yang sehat, makan tidak sekadar ada nasi dan ikan, tetapi harus ada sayur dan buah.
 


Baca juga: Sekda HSS buka pendampingan PPK BLUD delapan puskesmas

Ia juga mengatakan kebiasaan cuci tangan pakai sabun agar tetap diterapkan dan menjadi suatu kebiasaan. Sedangkan senam dua tahun terakhir terhenti karena pandemi, namun sekarang mulai dilaksanakan lagi agar masyarakat hidup sehat.

Apabila para siswa terbiasa menerapkan gerakan tersebut, maka akan diterapkan juga di rumah, sehingga bisa mengubah perilaku orang-orang yang ada di rumah untuk mengikutinya.

"Kita juga berharap mudah-mudahan gerakan ini nantinya dilaksanakan di semua sekolah, dan kita mengimbau kepada semua kepala sekolah untuk menerapkan Germas, termasuk di lingkup pemda akan kita mulai lagi," katanya.

Rangkaian kegiatan ini di antaranya mencuci tangan pakai sabun sebelum masuk ke sekolah, senam pagi, makan buah dan sayur, serta minum tablet tambah darah bagi remaja puteri.

Baca juga: Bupati HSS serahkan SK BLUD untuk 11 puskesmas

Gerakan Nasional Aksi Bergizi tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya mengonsumsi tablet tambah darah, melakukan aktivitas fisik dan olahraga, serta mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang.

Gerakan ini melibatkan berbagai sektor terkait seperti kementerian atau lembaga serta institusi pendidikan, yaitu SMP, SMA dan sederajat, untuk sama-sama berkomitmen menjalankan aksi bergizi di sekolah secara serentak di seluruh Indonesia pada hari Rabu (26/10).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan HSS, Hj Siti Zainab, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan HSS, Hj. Siti Erma.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022