Tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia, hari yang didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran pentingnya mencuci tangan dengan sabun sebagai cara efektif mencegah penyakit.

Tahun ini hari CTPS, mengambil tema “Unite for Universal Hand Hygiene” atau Bersatu untuk Kebersihan Tangan Universal.

Bersatu melalui sebuah kemitraan dan melakukan perubahan nyata, adalah salah satu cara efektif mendorong kebiasaan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

 Seperti yang dilakukan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), melalui Kemitraan Swasta-Pemerintahan (KSP) bersama UNICEF dan Kementerian Kesehatan RI yang gencar melakukan edukasi CTPS.

“Hingga saat ini Adaro masih melihat STBM sebagai program nasional yang harus dilaksanakan bersama untuk berhasil meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia,” Kata Zuraida Murdia Hamdie, Head of CSR Department Adaro Foundation.

 Lebih lanjut ia menjelaskan kolaborasi melalui Public Private Partnership Hand Washing with Soap (PPPHWWS) bersama Kementerian kesehatan RI, UNICEF dan pihak swasta lainnya memberikan ruang kolaborasi masif untuk pilar CTPS.

“Pilar ini menjadi makin penting dan Adaro bangga menjadi bagian untuk membiasakan CTPS di masyarakat,” tambahnya.

Melalui Program Adaro Nyalakan Raga, YABN sejak Januari hingga Oktober 2022 gencar melakukan sosialisasi dan kampanye CTPS di berbagai elemen mulai dari ibu-ibu rumah tangga, pemerintah desa hingga lembaga pendidikan dengan jumlah penerima manfaat sekitar 4.500 orang.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
 Adaro melakukan edukasi kepada 51 PAUD/TK dengan 1.919 anak sebagai upaya pembentukan karakter sejak anak usia dini. Memberikan sosialisasi kepada 1.229 ibu dan balita posyandu di 26 desa Program Percepatan Penurunan Sunting Adaro untuk perbaikan sanitasi di rumah tangga.

Lalu sebanyak 1.139 santri dari 3 Pondok Pesantren Program Adaro Santri Sejahtera (PASS) diedukasi untuk penerapan perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan pesantren.

Selain itu, Adaro mendorong 226 mahasiswa penerima beasiswa Indonesia Bright Future Leaders (IBFL) sebagai agen perubahan untuk sanitasi yang lebih baik dengan turut mengampanyekan CTPS.

Lewat langkah-langkah yang dilakukan YABN melalui kemitraan swasta-pemerintahan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang besar dalam membangun kebiasaan cuci tangan pakai sabun sehingga tercapai pola hidup bersih dan sehat di masyarakat.

 Selamat hari cuci tangan pakai sabun sedunia tahun 2022. Usia ke-30 tahun Adaro berikan Rp7,9 miliar untuk bantu masyarakat.
 

Pewarta: */Herlina L

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022