Peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kabupaten Hulu Sungai Tengah kini mendapatkan kemudahan akses pelayanan salah satunya melalui Mobile Customer Service atau MCS yang hadir pada kegiatan Car Free Day.

 Kepala BPJS Kesehatan Cabang Barabai, Chohari menjelaskan kehadiran unit MCS di tengah CFD setiap minggu ini merupakan upaya BPJS Kesehatan agar layanan kepada masyarakat menjadi dekat dan pasti.

“Semangat yang kami usung yaitu mendekatkan layanan kepada masyarakat," jelas Chohari, Kamis (29/9).

Menurutnya hasil dari beberapa kali observasi BPJS kegiatan yang digelar Pemkab Hulu Sungai Tengah ternyata beragam segmen masyarakat hadir dan beragam keperluan berkaitan dengan kepesertaan 0rogram JKN.

Sementara itu kehadiran layanan MCS di CFD cukup diminati masyarakat karena adanya transfer informasi meski BPJS Kesehatan sendiri tidak secara langsung menyebarkan informasi keberadaan MCS ini.

“Dengan konsistensi kita hadir dan membuka layanan disini sehingga masyarakat bisa melihat keberadaan BPJS kesehatan," tambahnya.

Selain melayani pengurusan administrasi kepesertaan dan permintaan informasi, petugas MCD memberikan informasi terkait ekosistem digital yang dibangun oleh BPJS Kesehatan.

Diantaranya pelayanan PANDAWA, CHIKA, VIKA serta terutama melalui Aplikasi Mobile JKN baik edukasi secara langsung maupun dengan menyebarkan leaflet kepada pengunjung CFD.

Salah seorang peserta, Mariah (56), mengaku sangat terbantu dengan kehadiran unit MCS ini. “Kehadiran MCS BPJS Kesehatan cukup membantu karena saya tak perlu repot ke kantor BPJS ,” ungkap Mariah yang merupakan peserta Program JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU).

Menurutnya, layanan semacam ini sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat karena terkadang masyarakat ada yang tidak berkesempatan mengurus keperluannya pada hari kerja karena kesibukannya.

Mariah berharap layanan ini akan terus konsisten dihadirkan BPJS Kesehatan dan bisa membantu menyampaikan keberadaan layanan ini kepada masyarakat maupun rekan kerjanya agar kahadiran layanan ini semakin bermanfaat bagi masyarakat.

Pewarta: *

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022