Puncak peringatan Hari Jadi (Harjad) ke-496 Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tahun 2022 menjadi istimewa karena penghargaan pemecahan rekor diberikan atas edukasi sasirangan secara hybrid kepada sebanyak 49.600 siswa SD dan SMP serentak se-Kota Banjarmasin.

Penghargaan dan piala diserahkan Ketua Lembaga Prestasi Indonesia Dunia Paulus Pangka saat digelarnya seremoni peringatan Harjad ke-496 di halaman Balaikota Banjarmasin, Rabu.

Piagam penghargaan diserahkan kepada Wali Kota H Ibnu Sina, Wakil Wali Kota H Arifin Noor, Ketua Dekranasda Hj Siti Wasilah, Sekdakot Ikhsan Budiman dan Kadisdik Nuryadi.

"Sebenarnya dari pantauan kami lebih dari 49.600 siswa, tapi menyesuaikan angka yang bagus sesuai harjad kota ini ke-496," ujar  Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia Paulus Pangka.

Pihaknya pun mengapresiasi kegiatan kreatif dan mengedukasi tersebut, sekalian memberikan kado istimewa bagi Kota Banjarmasin yang harjadnya tepatnya pada 24 September 2022.

Edukasi Sasirangan secara daring kepada para siswa disampaikan langsung oleh Wali Kota H Ibnu Sina didampingi wakilnya H Arifin Noor terkait sejarah kain sasirangan yang sudah muncul sejak abad ke-12 Masehi.

Menurut Ibnu, pembuatan kain rajut sasirangan masuk dalam cerita rakyat Negara Dipa atau cerita tentang Putri Junjung Buih yang ingin dipersunting Patih Lambung Mangkurat.

"Setelah Patih Lambung Mangkurat bertapa 40 hari 40 malam di atas rakit balarut banyu (dibawa air sungai) hingga menciptakan sehelai kain yang diberi nama kain sasirangan untuk sang putri," ujarnya.

Dulunya kain sasirangan ini dijadikan perantara untuk pengobatan, hingga tidak sembarangan dibuatnya, tapi seiring waktu menjadi mode yang indah, bahkan kini sudah mulai mendunia.

Karenanya pada setiap harjad, diselenggarakan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) dan tahun 2022 sudah yang ke-6, dimeriahkan para siswa.

Jumlah siswa yang ikut edukasi dan berpakaian sasirangan pada hari ini sebanyak 49.600 dari 236 sekolah, yakni 187 SD dan 49 SMP.

Selain itu, digelar juga Festival Anggrek Seribu Sungai pada 29 September hingga 1 Oktober di Taman Anggrek Bungas, Screen House Banjarmasin.

Kemudian Banjarmasin Expo pada 28 September hingga 2 Oktober 2022 di Siring Sungai Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.

Selanjutnya, Kemilau Banjarmasin Bungas pada 28 September 2022 di Siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin Tengah.
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022