Himpunan Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar bakti sosial donor darah di Pendopo Bersinar Pembataan Kabupaten Tabalong dalam rangkaian memperingati Dies Natalis ke 59,  Minggu (25/9).

Kegiatan bertema "Sinergi, Kolaborasi, Peduli, dan Berkelanjutan," ini bagian dari kepedulian alumni IPB yang didominasi 27 Alumni penerima Beasiswa Utusan Daerah (BUD) PT Adaro Indonesia.

Staf CSR PT Adaro Indonesia Andri mengungkapkan mengapresiasi kegiatan seperti ini dan berharap kegiatan sosial lainnya dapat dikembangkan oleh para alumni BUD IPB.

Salah satu alumni penerima BUD Adaro yang juga sekaligus ketua panitia himpunan alumni IPB Morni Kasila mengatakan kegiatan ini yang pertama dilakukan khususnya di Kabupaten Tabalong dengan dukungan PT Adaro Indonesia.

 "Kami berharap hasil donor darah ini bisa membantu PMI memenuhi ketersediaan darah dan bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan khususnya di Kabupaten Tabalong ," kata Morni.

Selain itu, menurut Morni yang kesehariannya sebagai karyawan Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN), acara ini diselenggarakan sebagai ajang silaturahmi Himpunan Alumni IPB dan terbentuknya forum komunikasi antar alumni di Kabupaten Tabalong.

Senada dengan Morni, alumni IPB lainnya yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Norzain Ahmad Yani menuturkan aksi sosial donor darah tersebut merupakan salah satu agenda nasional alumni IPB.

"Donor darah ini diadakan serentak semua alumni IPB di beberapa daerah di Kalimantan Selatan," kata Norzain.
 
Foto Antaranews.Kalsel/ist (Istimewa)
Ia mengatakan antusias masyarakat dalam mengikuti kegiatan bakti sosial donor darah terlihat cukup banyak dan berharap acara ini menjadi gaung partisipasi IPB dalam memakmurkan Indonesia.

Kegiatan ini juga terlaksana berkat kerjasama dengan Palang Merah Indonesia Kabupaten Tabalong dalam rangka memperingati Hari PMI yang ke- 77.

"Kami mengapresiasi inisiatif Himpunan Alumni IPB menggelar bakti sosial donor darah dan bakti sosial ini diharapkan berlanjut ke depannya," ujar salah satu petugas PMI Tabalong.

 Dari bakti sosial ini terdapat 53 orang yang berhasil memenuhi syarat mendonorkan darah dari 107 peserta yang mendaftar. Astuti, salah satu pendonor mengatakan bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini.

 "Alhamdulillah dengan adanya kegiatan ini saya sangat terbantu untuk mendonorkan darah. Semoga donor darah saya bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan," ungkapnya.

Pewarta: *

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022