Kodim 1001/HSU-Balangan melalui Babinsa 02/Paringin memberikan bekal bagi generasi muda melalui kegiatan wawasan kebangsaan dan tata cara upacara militer di SMPN 1 Paringin dan SDN Galumbang.

"Pada kesempatan ini kami juga menjadi inspektur upacara, menyampaikan tentang tata cara upacara militer dan dilanjutkan dengan penyampaian materi wawasan kebangsaan," ucap Babinsa 02/Paringin, Sertu Joko Sampurno di Paringin, Senin.

Pada materi wawasan kebangsaan pihaknya mengingatkan tentang bangsa asing yang akan menguasai Negara Indonesia dan yang mengancam generasi muda Indonesia sebagai sasaran proxy war.

Kemudian, mereka merusak generasi muda dengan berbagai cara yaitu narkoba, seks bebas, gaya hidup, miras dan menciptakan rasa malas pada generasi muda Indonesia dengan cara diberi kemudahan melalui fasilitas hidup yang serba mewah serta serba instan.

Joko berpesan, agar membiasakan berpikir positif dan berpikir hal-hal yang berguna bagi masa depan, sebab apa yang kalian pikirkan itulah yang akan diucapkan.

"Karena ucapan akan dilakukan, perbuatan atau kelakuan akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan itulah yang disebut karakter, sedang karakter adalah masa depan kalian, jadi masa depan kalian tergantung dari apa yang kalian pikirkan sekarang," pesannya.

Terpisah, Danramil 1001-02/Paringin Pelda Dharma Kusuma mengungkapkan bahwa Babinsa harus bisa memberikan bekal bagi generasi muda melalui kegiatan wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan pembentukan karakter bangsa, karena yang terpenting untuk para pelajar adalah harapan dan tuntutan masa depan.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022