Dosen Universitas Lambung Mangkurat (ULM) melaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) untuk memberikan motivasi, kerjasama, disiplin dan pemimpin (MKDP) kepada pendidik di Kota Banjarbaru.

"PKM merupakan program pengabdian kepada masyarakat atas kerjasama dengan SD Islam Creative (SDIC) Banjarbaru," kata Ketua PKM Muhammad Syarif Hidayatullah melalui siaran Pers di Banjarmasin Jumat.

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut telah dilaksanakan sebanyak tiga kali. Pertemuan pertama dilaksanakan pada 27 Agustus 2022 dimana para abdi melakukan identifikasi lanjutan melalui proses penelitian pembuatan instrument motivasi.

Kegiatan selanjutnya dilaksanakan pada 3 September 2022, para abdi memberi pelatihan kepada pendidik di SD Islam Creative Trikora Banjarbaru terkait peningkatan motivasi, kerjasama, disiplin dan kepemimpinan.

Kegiatan itu diikuti oleh 20 peserta dengan narasumber kegiatan terdiri dari dosen ULM yaitu M. Syaruf Hidayatullah, M.Psi, Psikolog dan  Rooswita Santia Dewi, M. Si., Psikolog dari Fakultas Kedokteran program studi psikologi dan Hayatun Thaibah, M.Psi., Psikolog dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Menurut Dayat, kepemimpinan dalam konteks yang lebih luas perlu dimiliki oleh tenaga pendidik, karena pendidik yang tidak memiliki jabatan sekalipun juga dituntut menjadi pemimpin di kelas agar dapat membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Selain kepemimpinan, hal yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah kedisiplinan, baik disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab sebagai seorang pendidik.

Roswita Santia juga menjelaskan, bahwa kerjasama antara pendidik juga penting dilakukan oleh para pendidik untuk diterapkan di sekolah dengan tujuan meningkatkan kualitas belajar mengajar.

"Seorang pemimpin harus memiliki motivasi untuk diri sendiri maupun untuk peserta didik agar proses pembelajaran dapat diterima dengan baik oleh peserta didik," kata Salah satu narasumber, Hayatun Thaibah. 

Ditambahkan Hayatun, di dalam motivasi itu ada dua hal yakni motivasi yang berasal dari diri sendiri dan motivasi yang perlu dorongan dari orang lain.

Oleh karena itu, jika seseorang memiliki motivasi harus diniatkan dengan baik, maka hasil yang diinginkan juga baik.

"Berbeda dengan motivasi yang perlu dorongan dari orang lain, maka motivasi itu akan bangkit jika ada arahan dan bimbingan dari orang sekitarnya," jelas Hayatun. 

Kepala SDIC Banjarbaru Holisodin mengucapkan berterima kasih kepada ULM yang telah memberikan motivasi kepada pendidik SDIC Yayasan Bina Cerdas Insani Banjarbaru

"Melalui program ini kami berharap dapat menambah ilmu, wawasan dan motivasi bagi pendidik di SDIC," pungkasnya.
ULM tingkatkan motivasi kepemimpinan bagi pendidik (Antaranewskalsel/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022