Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel) - Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Brigjen Agung Budi Maryoto melantik 244 anggota kepolisian yang baru lulus pendidikan dengan pangkat brigadir dua polisi.


Pelantikan sekaligus pengambilan sumpah ratusan bhayangkara negara dilakukan Kapolda Kalsel di halaman Sekolah Polisi Negara (SPN) Banjarbaru Jalan Bhayangkara, Senin.

"Setelah diambil sumpah, melekat tugas dan kewajiban serta tanggung jawab sebagai bhayangkara negara," ujar kapolda membacakan amanat Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.

Ditekankan, brigadir remaja yang baru dilantik dituntut mampu dalam memberikan kinerja yang baik sebagai anggota Polri dalam memelihara situasi keamanan dan ketertiban masyarakat.

Disisi lain, menegakkan hukum dan memberi perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat sebagai fungsi serta tugas utama anggota Polri.

"Pegang teguh komitmen, disiplin dan integritas dalam menjalankan setiap tugas dan menjaga nama baik keluarga maupun institusi Polri," pesan kapolri melalui kapolda.

Menurut kapolri, pelantikan ratusan bintara Polri ini menambah kuantitas personel sebanyak 12.727 orang yang terdiri dari 2.093 polisi wanita dan 10.634 polisi pria.

"Peningkatan jumlah personel yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia ini diharapkan semakin memperluas jangkauan pelayanan anggota Polri kepada masyarakat," ucapnya.

Diharapkan, brigadir remaja juga memiliki kompetensi dan memahami, serta memiliki cara berpikir, bertindak sebagai anggota Polri yang mahir dan terampil ditambah integritas tinggi.

"Kami yakin melalui pendidikan selama tujuh bulan di SPN, seluruh brigadir remaja memiliki kemampuan dan keterampilan baik perorangan maupun kelompok," ujarnya.

Ditambahkan, brigadir remaja agar terus mengasah kemampuan diri dan lebih meningkatkan kualitas profesi sehingga lahir anggota Polri yang kompeten, integrasi dan berkualitas.

"Tujuannya untuk menghadapi dinamika tantangan tugas yang makin berat dan kompleks serta mampu ditempatkan dimana pun dan kapan pun," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016