Tanjung, (Antaranews Kalsel) - Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menyalurkan beras bagi masyarakat sejahtera (rastra) di lima kecamatan, masing-masing Kelua, Muara Harus, Tanta, Tanjung, dan Murung Pudak, untuk meringankan kebutuhan hidup keluarga miskin.


Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Yuhani di Tanjung, Senin, mengatakan beras bagi keluarga sejahtera diberikan secara gratis oleh pemerintah pusat dengan alokasi 15 kilogram per bulan bagi tiap keluarga.

"Lima kecamatan yang mendapatkan beras bagi keluarga sejahtera telah selesai memperbaharui data keluarga miskin maupun sangat miskin, sedangkan tujuh kecamatan lainnya masih melakukan pendataan ulang dengan harapan tidak ada rumah tangga sasaran yang luput dari bantuan beras gratis ini," katanya.

Beras bagi keluarga sejahtera yang sudah disalurkan masing-masing Kecamatan Kelua dengan jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) 1.128 KK, Muara Harus 226 KK, Tanta 886 KK, Tanjung 926 KK, dan Murung Pudak 460 KK.

Total RTS-PM di kabupaten paling utara Provinsi Kalimantan Selatan itu yang menjadi sasaran program rastra 10.050 KK tersebar di 12 kecamatan dengan alokasi beras mencapai 1.809.000 kilogram.

Yuhani mengatakan guna mendukung program rastra bagi seluruh keluarga miskin maupun sangat miskin, Pemkab Tabalong telah mengalokasi dana penyerta Rp2,9 miliar dan dana untuk penyaluran beras ke masing-masing sasaran ditanggung kecamatan.

Dana dari APBN 2016 untuk program rastra Rp13,1 miliar dengan harapan bisa membantu keluarga miskin dalam pemenuhan kebutuhan hidupnya.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016