Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (UKS/M) Hulu Sungai Selatan (HSS) rapat koordinasi dipimpin Wakil Bupati Syamsuri Arsyad dalam rangka persiapan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2022.

Wabup mengatakan semangatnya bukan hanya sekadar mengejar target lomba, karena sekolah itu idealnya memang harus berada dalam lingkungan yang sehat dengan suasana keindahan dan kerindangan, sehingga benar-benar yang sekolah merasa nyaman.

"Kita ingin Tim Pembina UKS/M HSS terus melakukan koordinasi maupun pembinaan, untuk terus menciptakan lingkungan sekolah yang sehat dan nyaman," katanya, dalam keterangan usai rapat, Senin (5/9).

Baca juga: Komisi I DPRD HSS minta regrouping sekolah tidak menyulitkan siswa

Dijelaskan dia, tentu ini akan menjadi hal tambahan yang positif bagi dunia pendidikan, dan tim diminta menyiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya walapun dengan waktu yang sangat terbatas.

Begitupun, pihaknya meminta koordinasi semua pihak, terlebih Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait agar membantu semaksimal mungkin.

Dalam kesempatan rapat sebelumnya, wabup memaparkan mekanisme LSS dan beberapa hal yang perlu disiapkan meliputi profil sekolah dan video kegiatan UKS/M yang diperlukan dalam penilaian, yang akan dilaksanakan melalui zoom meeting oleh tim penilai nantinya.

Untuk teknis verifikasi lapangan yang akan dilaksanakan Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi Kalsel, rencananya akan dilaksanakan pada minggu keempat bulan September sampai dengan minggu pertama Oktober 2022.

Baca juga: Dikbud kukuhkan siswa SMP se HSS

LSS akan diikuti oleh lembaga pendidikan jenjang taman kanak-kanak/RA, sekolah dasar/MI, sekolah menengah pertama/MTs, dan sekolah menengah atas/SMK/MA.

Penilaian dilakukan menggunakan instrumen yang dikembangkan oleh Pusat Penelitian Kebijakan Balitbang Kemendikbud, bekerja sama dengan Kementerian Agama, Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Dalam Negeri.

Berdasarkan hasil keputusan TP UKS/M HSS disepakati sekolah yang mewakili HSS, antara lain tingkat TK/RA oleh TK Qurrota A'yun Kandangan, SD/MI oleh SDN Tambak Bitin 1 Daha Utara, SMP/MTs oleh SMPN 2 Kandangan, dan SMA/SMK/MA oleh SMAN 1 Kandangan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022