Dalam rangka semarak HDKD ke-77 tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan mengikuti webinar SDM Kemenkumham Berakhlak Bangga Melayani Bangsa guna menguatkan employer branding untuk menginternalisasi kultur ASN Kemenkumham Kalsel. 

"Semoga melalui kegiatan ini ASN di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalsel semakin memahami dan bisa menerapkan tata nilai BerAKHLAK dalam bekerja dan berkinerja," ungkap Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan Lilik Sujandi.

Kegiatan ini diawali sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM, Asep Kurnia. Ia menyampaikan kegiatan tersebut merupakan program SDM berAKHLAK dengan jumlah peserta 1.005 zoom group meeting dan 299 live youtube.

Asep Kurnia berharap kegiatan ini mampu menghadirkan pelayanan prima, dan menumbuhkan rasa bangga menjadi ASN yang berAKHLAK sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 20/2021 tentang Impelemntasi Core Value dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara. 

Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo saat peluncuran Core Values "BerAKHLAK" dan Employer Branding Aparatur Sipil Negara (ASN) "Bangga Melayani Bangsa" menegaskan bahwa setiap ASN di manapun bertugas seharusnya memegang teguh nilai-nilai dasar serta semboyan yang sama.
Webinar SDM KemenkumHam Berakhlak Bangga Melayani Bangsa guna menguatkan employer branding. (ANTARA/Firman)


Selanjutnya disampaikan materi oleh beberapa narasumber. Pertama Deputi Bidang SDM Kemenpan-RB Alex Denni menyampaikan instrumen budaya kerja.

 "Membuat mindset bahwa ASN akan langgeng kalau kinerja dan perilakunya bagus, tentu didukung melalui perubahan sistem dengan transformasi birokrasi yaitu transformasi organisasi, SDMA, dan sistem kinerjanya," ucap Alex Denni.

Narasumber kedua Inspektur Jenderal Kemenkumham Razilu mengingatkan bahwa Kemenkumham berAKHLAK dan berintegritas bukan hanya berorientasi pada salah satu core values namun seluruhnya. 

Razilu menyinggung kualitas integritas Kemenkumham yang sudah lebih baik dari penegak hukum yang lain. "Terkait zona integritas yang dikehendaki bukan hanya membangunnya dalam secarik kertas, namun dalam kenyataan yang benar, terus berproses walau tidak lulus secara penilaian TPI," ujarnya.

Selain itu, ia mengingatkan bahwa ASN harus merdeka, merdeka dari belenggu hawa nafsu dan merdeka dari keserakahan harta kekuasaan. Razilu juga mengajak untuk bersyukur, bangga dan setia menjadi ASN dengan cara berkontribusi positif di setiap keadaan, serta menyumbang berbagai prestasi.

Kegiatan dilanjutkan dengan narasumber terakhir Managing Director dari CAPSTONE Asia Servitama Eloy Zalukhu dengan membahas tentang membangun karakter berAKHLAK SDM Kemenkumham.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022