Keistimewaan 10 Muharram diperingati Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) dengan cara berbagi kebahagiaan bersama anak yatim.

Hal tersebut ditandai dengan santunan yang diberikan langsung Bupati HSS bersama Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arysad kepada 10 perwakilan anak yatim piatu di depan Musholla Asyifa, Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab HSS.

"Program berbagi di momen hari raya anak yatim ini merupakan agenda yang rutin kita laksanakan setiap tahunnya," kata bupati, Senin (8/8) kemarin.

Baca juga: Sebanyak 11 Puskesmas di HSS diusulkan jadi BLUD

Dijelaskan dia, dana yang dibagikan untuk anak yatim dihimpun melalui sumbangan dari Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab HSS, ASN instansi vertikal maupun BUMN dan BUMD di HSS.

Pembagian akan disebar di 11 kecamatan dalam rangka berbagi kebahagiaan di 10 Muharram, menjadi tradisi yang akan terus dilanjutkan di masa yang akan datang.

Adapun total sumbangan tahun ini berjumlah Rp113.531.000,-  yang akan di serahkan kepada anak yatim sebanyak 306 anak, dengan masing-masing Rp300 ribu.

Baca juga: Pemkab HSS dan Pengadilan Agama tandatangani nota kesepakatan

Sementara sisanya akan di salaurkan kepada lembaga atau organisasi yang menyelenggarakan kegiatan serupa di Kecamatan Padang Batung, Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Kandangan.

"Tentu kalau masih ada anak kita yang belum terayomi dengan program 10 Muharram, kita minta peran serta masyarakat agar turut serta mengayomi anak yatim di sekitar kita," katanya.

Ditambahkan dia, berharap program ini bisa ditumbuh kembangkan, termasuk dalam upaya memastikan mereka bisa bersekolah. Baik itu melalui program PKH dan lain sebagainya, sehingga sekolah mereka bisa terjamin pendanaan dari pemerintah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022