Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui dinas pemuda dan olahraga provinsi setempat menyatakan mengincar menjadi tuan rumah perhelatan Pra Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 2023.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel H Hermansyah di Banjarmasin, menyampaikan, keinginan itu sudah disampaikan kepada Pengurus Besar Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (FORKI) saat berkegiatan di provinsi ini.

"Kita sampaikan kesiapan daerah kita untuk menjadi tuan rumah Pra PON cabang olahraga karate dengan Sekjen PB FORKI H Raja Sapta Ervin," ujarnya.

Pada kegiatan PB FORKI beserta tim verifikasi tuan rumah Pra PON FORKI tahun 2023 di Kalsel pada Minggu.

"Memang ada beberapa provinsi juga yang mengincar jadi tuan rumah Pra PON FORKI 2023 ini," ujarnya.

Hermansyah menyatakan, Kalsel sangat siap untuk melaksanakan Pra PON FORKI untuk seleksi atlet yang bisa berlaga pada PON XXI tahun 2024 di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

"Termasuk kesiapan venue olahraganya," kata Hermansyah.

Dia pun menyampaikan keinginan menjadi tuan rumah Pra PON FORKI tahun 2023 ini untuk mewujudkan kemajuan cabang olahraga karate di Provinsi Kalsel.

"Saat ini, FORKI Kalsel yang kebetulan di bawah kepemimpinan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor sudah mulai naik daun untuk cabang olahraga unggulan," paparnya.

Kalsel sebagai daerah yang salah satu menjadi Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dari 11 provinsi di Indonesia terus berupaya pencetakan atlet berprestasi untuk nasional tersebut.

"Termasuk atlet karate berprestasi dari Kalsel ke nasional," ujarnya.


 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022