Masyarakat Kalimantan yang miliki motor jenis sport dari India ini mungkin bisa di hitung dengan jari, namun ada warga Kota Amuntai yang memilikinya.

Rizki Prihidayat warga Kelurahan Murung Sari Amuntai Kabupaten Hulu Sungai Utara ,(HSU) Kalimantan Selatan memiliki satu unit motor  Yamaha R15 V1 asli India.

R15 V1 satu-satunya motor sport fairing 150 cc terlangka di kelasnya yang sangat jarang ditemui di Indonesia, namun banyak di pakai di luar negeri.

"Pernah ditawar Rp20 juta, tapi tidak saya jual," ujar Rizki di Amuntai, Minggu (7/8/22).

Rizki mengatakan, pertama kali diproduksi tahun 2011 harganya sekitar Rp49 juta, tapi sekarang mungkin sudah turun, kecuali bagi pecinta motor antik harganya bisa jadi sangat tinggi.
Tampilan depan dan belakang Motor sport Yamaha R15V1 keluaran India milik Rizki Prihidayat warga Amuntai, HSU, Kalsel. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Kalau saat ini, lanjut Rizki,  keluaran barunya tersedia tiga warna, yakni metallic blue, matte silver, dan matte black. 

"Harganya sekarang berkisar Rp38 juta  dan semakin mahal tergantung tingkat kecepatan (speed)nya. Yamaha India digosipkan akan membangkitkan kembali Yamaha YZF-R15 V1.0,"  prediksi Rizki.

Rizki mengaku  tidak sabar dengan kehadiran warna baru jenis motor India ini karena menurutnya motor sport terbaik adalah All New R15 yang pernah meraih gelar best motor sport-fairing 150 cc.

Memasuki 2022 bukannya kalah saing, All New R15 malah membuktikan bahwa teknologi yang diterapkan jauh lebih maju di depan.

Sampai saat ini, kata Rizki, power R15 masih bisa bersaing dengan motor sport di kelasnya dengan kubikasi mesin lebih unggul, yakni 150,1 cc, liquid cooled, SOHC, 4 Valve, VVA, satu silinder.

Rizki mengaku sangat mencintai motornya tersebut sehingga tidak berkeinginan untuk menjualnya. Kecuali ada yang menawarkan harga lebih tinggi lagi Rizki mungkin akan pikir-pikir.

Ketua RT.01 Murung Sari yang juga berprofesi dosen STKOM Sapta Komputer Balangan ini menuturkan jika bahan bakar R15 V1 sangat irit,  efisien dan ramah lingkungan.
Tampilan samping belakang Motor sport Yamaha R15V1 keluaran India dengan mesinnya yang 150 cc.. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)


"Cara kerja VVA ini yaitu dengan mengatur bukaan klep (valve) untuk menyesuaikan suplai BBM ke dalam pembakaran," jelasnya.

Dikatakan, tarikan kopling lebih ringan, bagi pemula akan merasakan perpindahan gigi lebih halus namun akselerasi lebih cepat. Fitur assist ini membuat motor sport lebih nyaman digunakan meskipun dalam kecepatan tinggi.

Selain itu R15 didukung dengan 'Upside Down Front  Suspension' ini membuat handling lebih nyaman ketika digunakan karena lebih mudah dikendalikan serta tidak mudah lelah.

Setengah berpromosi, Rizki menerangkan jika R15 ini motor sport yang bisa dibilang ternyaman di kelasnya. Efek visual lainnya pengendara akan terlihat semakin gagah dan keren saat berkendara.

Power besar dan speed yang bengis, tentu saja menjadi pendukung bagi rider penyuka adrenalin tinggi. Sensasi memacu Moto GP, lebih kuat terasa.

"Belum lagi rangka sudah deltabox, berkontribusi penunjang kestabilan tinggi dan stylish, sehingga pas buat milenial  penggemar motor tipe sport, ”Ujar Rizki Prihidayat pemakai R15 V1 generasi yg langka.

Komponen mesin yang ditanamkan di R15 juga diklaim tiga kali lebih awet, kuat dan ringan berkat Forged Piston dan Diasil Cylinder. Pemilik All New R15 tidak akan merasa kerepotan merawat motor sportnya karena sudah dibuat dengan sebaik mungkin.
 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022