Bupati Kotabaru H Sayed Jafar bersama sejumlah pimpinan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait lainnya melakukan pemantauan pembersihan sampah di sejumlah sungai di perkotaan.

“Pembersihan sampah yang bertumpuk berupa pasir bercampur lumpur disertai sampah plastik yang di buang sembarangan,” kata Bupati Jumat (5/8). Ujarnya. 

Dia menjelaskan, sampah plastik dan lainnya akan membuat saluran sungai tidak optimal, sehingga apabila intensitas curah hujan tinggi maka dipastikan sungai akan cepat meluap.

“Kepada masyarakat mari bersama-sama menjaga kebersihan dan jangan membuang sampah sembarangan, karena dampak mengakibatkan musibah banjir,” ungkapnya.

Bupati berharap proses pembersihan ini cepat selesai mengingat cuaca masih menunjukkan anomaly dan perubahan yang signifikan.

Hal ini dimaksudkan agar aliran sungai bisa lancar dan tidak terkendala akibat sampah yang bertumpuk jika sewaktu waktu hujan kembali turun. 

Sementara itu, SKPD yang turu serta memantau ke lapangan di antaranya, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang dan Sumber Daya Air, Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

 

Pewarta: aqsin/*

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022