Bupati Balangan Abdul Hadi mengharapkan dengan adanya Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) zakat infaq dan sedekah di Kabupaten Balangan dapat lebih dimaksimalkan dan dikelola dengan baik.

"Semoga dengan dilantiknya sejumlah pengurus BAZNAS, bisa memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kaum muslimin dan muslimat yang kebetulan ekonominya berada ditaraf yang rendah," kata Abdul Hadi usai melantik sejumlah pengurus BAZNAS di Balangan, Jum'at.

Dia melanjutkan, nantinya unit dan pengumpulan zakat serta sedekah akan pihaknya bentuk baik di lingkup pemerintahan maupun instansi vertikal dan di perusahaan swasta yang beroperasi di daerah Balangan dengan mengeluarkan surat edaran untuk pengumpulannya.

Menurut dia, kehadiran BAZNAS Kabupaten Balangan adalah karunia bagi masyarakat Balangan, karena sebelum hadirnya BAZNAS zakat dikelola oleh panitia lokal yang hanya berjalan setahun sekali untuk zakat fitrah serta untuk zakat mal disalurkan sendiri secara langsung oleh pembayar zakat kepada penerima.

Dia menambahkan, BAZNAS beroperasi sepanjang tahun sehingga umat bisa sewaktu-waktu menitipkan zakatnya untuk dikelola dan disalurkan serta pentingnya zakat dari aspek sosial adalah mencegah disintegrasi serta zakat dari aspek ekonomi memeratakan kesejahteraan.

"Kepada pengurus BAZNAS agar bisa mengedukasi umat di Balangan, tentang zakat dan bisa ambil peran penting untuk mengoptimalkan fungsi zakat bagi kemasyarakatan umat," tegasnya.

Diketahui, pada kesempatan tersebut Bupati Balangan melantik sebanyak empat pengurus BAZNAS periode 2022-2027 di Aula Benteng Tundakan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022