Bantuan Sosial (Bansos) Program Rumah Sejahtera (PRS) dan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) di wilayah Kecamatan Angkinang dan Kecamatan Telaga Langsat kembali disalurkan, di Gedung Serbaguna, Kecamatan Angkinang.

Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati HSS H. Achmad Fikry secara simbolis didampingi Sekda H. Muhammad Noor kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan.

“Di Kecamatan Angkinang penerima PRS sebanyak 13 orang dengan jumlah anggaran Rp227,5 juta, dan Kecamatan Telaga langsat 5 PRS sebanyak 13 orang dengan jumlah anggaran Rp2275 juta,” kata Kepala Dinas Sosial HSS Nordiansyah, Rabu (3/8).

Baca juga: Bupati HSS serahkan bansos PRS dan UEP wilayah Daha

Dijelaskan dia, di Kecamatan Angkinang penerima usaha ekonomi produktif (bansos kedua UEP) sebanyak 23 orang dengan jumlah anggaran Rp69 juta dengan jenis usaha pedagang keliling, warung, kerajinan anyaman, bengkel dan ternak itik.

Sedangkan untuk Kecamatan Telaga Langsat penerima usaha ekonomi produktif sebanyak sembilan orang, dengan jumlah anggaran Rp27 juta, jenis usaha pedagang keliling, warung, dan ternak itik.

Maksud program ini adalah membantu keluarga dalam meningkatkan usaha yang telah mereka jalankan selama ini, dengan tambahan modal.

"Dengan tambahan modal  yang kita berikan, diharapkan akan mendapatkan keuntungan dari usaha yang telah dijalankan dan pada gilirannya akan meningkatkan pendapatan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Baca juga: Samping Desa HSS kawal program kemandirian dan pengentasan kemiskinan

Bupati H. Achmad Fikry mengatakan PRS adalah program pemerintah daerah diluncurkan sejak 2014 sampai sekarang, jadi sudah memasuki tahun kedelapan. Selama itu sudah diperbaiki sebanyak 5.160 rumah, belum termasuk yang diserahkan hari ini.

Pihaknya berharap dengan tinggal setahun masa jabatan bersama wakil bupati dengan data yang sudah ada itu bisa terpenuhi, karena tidak bisa bersamaan harus bergiliran sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Turut hadir, Kepala Inspektorat Rusmajaya, Kepala Diskominfo Hj. Rahmawaty, Kepala Bakeuda H. Nanang, F.M.N, pimpinan Bank Kalsel Syariah Cabang Kandangan Khalid Victor, R.M, Camat Angkinang Sabilarrasad, Camat Telaga Langsat Sar Ipansyah, serta para Samping Desa Kecamatan Angkinang dan Telaga Langsat.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022