Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) melalui Dinas Sosial HSS melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) Sarjana Pendamping (Samping) Desa Sejahtera bersama Tim Pembina Samping Desa, di Sanggar Pramuka.

Kepala Dinas Sosial HSS, Nordiansyah, di Kandangan, Rabu (1/8), mengatakan Samping Desa bertugas untuk mengawal berbagai program pemerintah dalam rangka upaya kemandirian dan pengentasan kemiskinan.

"Mereka menjadi penghubung kelompok masyarakat dengan berbagai potensi, serta melaksanakan tugas pendataan atau pembaharuan data terkait dengan permasalahan di bidang sosial," katanya.

Baca juga: Pemkab HSS salurkan program bansos PRS dan UEP

Dielaskan dia, rakor bertujuan untuk mendapatkan arahan dan pembinaan dari pembina yakni Bupati HSS dan Wakil Bupati HSS, dalam rangka memberikan motivasi bagi seluruh samping desa.

Hal ini dilakukan supaya dalam menjalankan tugasnya sebagai salah satu ujung tombak, dalam percepatan pembangunan bidang kesejahteraan sosial di HSS.

“Beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan Samping Desa untuk mendukung berbagai program dari SKPD lain di luar kegiatan rutin," katanya.

Baca juga: Bupati HSS serahkan bantuan untuk warga terdampak puting beliung

Menurut dia, dukungan tetrsebut seperti pendampingan KPM, pencairan Bansos sumber dana APBD kabupaten, provinsi, dan APBN, pendampingan vaksinasi, pendampingan program rumah tidak layak huni BAZNAS serta membantu penyaluran kartu kendali LPG 3Kg.

Bupati HSS, H Achmad Fikry, berharap melalui rakor ini dapat dijadikan sebagai sarana bagi seluruh bidang yang ada di Dinas Sosial HSS untuk menginformasikan berbagai program kerja di tahun 2022.

"Sebab sarjana pendamping desa pada saat ini telah fokus pada pendampingan program sosial," katanya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022