Desa Gambah Luar, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), terpilih mewakili Kabupaten HSS di lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tahun 2022 tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Penilaian secara virtual oleh tim penilai diikuti dari Aula Kecamatan Kandangan dengan penyampaian PHBS yang dilakukan atas kesadaran, anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan, dan berperan aktif di kegiatan kesehatan masyarakat.

"Latar belakang terlaksananya PHBS di Desa Gambah Luar di antaranya karena adanya transisi demografi dan epidemiologi penyakit, semakin kompleks penyakit tersebut, akibat perilaku dan perubahan gaya hidup," kata Ketua TP. PKK Desa Gambah Luar Hj. Hatimah Rasyidah, Rabu (3/8).

Baca juga: Kader Posyandu Junjung Buih 2 paparkan 7 inovasi

Dijelaskan dia, oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat, salah satunya melalui program PHBS ini.

Pelaksanaan PHBS di Dasawisma Desa Gambah Luar dilaksanakan kader PHBS dan kader PKK lainnya, yang telah terintegrasi dengan kegiatan lainnya. Seperti posyandu balita, lansia, posbindu, posyandu remaja, serta PIK Keluarga yang sangat erat hubungannya dengan PHBS.

Untuk inovasi Dasawisma Ber-PHBS Desa Gambah Luar seperti TUPPASS (Tuturuk Pancuk dan Pecel Sehat Sabarataan), Marodir (Matikan Rokok Di luar Rumah), dan GEMA SEGOY (Gerakan Masyarakat Senam Bersama dan Gotong Royong).

Baca juga: Tim penilai Asman Toga datangi Bajayau Tengah verifikasi lapangan

"Selain itu, kami juga melaksanakan beberapa inovasi PKK yang terintegrasi dengan kegiatan Dasawisma Ber-PHBS di Desa Gambah Luar, di antaranya adalah Gasling, Para Hawa, Gapahit, serta Kating," katanya.

Turut hadir, Ketua TP PKK HSS, Hj. Isnaniah Achmad Fikry, Wakil Ketua TP PKK, Srie Astuti Syamsuri Arsyad, beserta jajaran dan Dinas Kesehatan, Camat Kandangan, Syamsuri bersama Ketua TP-PKK Kecamatan Kandangan, Kepala Puskesmas Gambah, Yessie Inggriany, dan Kepala Desa Gambah Luar, H. Fahruraji.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022