Tim penilai lomba Asuhan Mandiri (Asman) Tanaman Obat Keluarga (Toga) dan Akupresur Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) verifikasi lapangan di Desa Bajayau Tengah, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan(HSS).

Camat Daha Barat, Ahmad Yani, di Bajayau Tengah, mengatakan tim penilai datang ke Desa Bajayau Tengah, Kec. Daha Barat untuk memverifikasi, dan melihat data dukung dan berkas lainnya dalam rangka penilaian lomba.

"Kami berharap setelah penilaian ini, apa yang sudah di lakukan oleh kelompok asman toga kamboja 6 bisa terus berkembang," katanya, dalam keterangan, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan dia, salah satu produk dari pada hasil kelompok asman toga kamboja 6 adalah jamu, baik yang seduh maupun yang pil, sehingga ini bisa menjadi nilai tambah bagi keluarga sebagai suatu jenis usaha keluarga.

Baca juga: Konvergensi upaya percepatan Pemkab HSS turunkan stunting

Pihaknya sangat mendukung kegiatan yang ada di kelompok asman toga kamboja 6 sebagai salah satu kebijakan di setiap kegiatan rapat, senam maupun kegiatan lainnya pihaknya mengusahakan agar ada penggunaan atau manfaat hasil olahan dari pada kelompok ini.

"ini semata-mata kami lakukan, agar usaha dan kegiatan yang dilakukan masyarakat mendapat perhatian," katanya.

Begitupun, masyarakat tentunya jadi sangat bergembira dengan adanya timbal balik dari pihaknya, yaitu berupa hasil olahan itu pihaknya beli dan digratiskan kepada para anggota yang ikut senam di kecamatan.

Sebelum melakukan verifikasi, tim penilai ke Kantor Dinas Kesehatan untuk melakukan verifikasi tanaman Toga, tim disambut Kepala Dinas Kesehatan, Hj. Siti Zainab didampingi Camat Daha Barat.

Baca juga: Ketua TP PKK HSS terima penghargaan Satyalancana Wira Karya

Kemudian Tim Penilai menuju ke Kantor Kecamatan Daha Barat, di sini tim di sambut Ketua TP PKK Daha Barat, para pengurus TP PKK HSS, pengurus TP. PKK Kecamatan, dan melanjutkan penilaian menuju Desa Bajayau Tengah.

Verifikasi penilaian dilakukan di Desa Bajayau Tengah, yang merupakan perwakilan Desa terpencil di HSS dalam ajang lomba Asman Toga Tingkat Kalsel.

Ada beberapa kategori yang dinilai, mulai dari Keluarga Binaan, Kader, Desa, PKK Desa, Kecamatan, Puskesmas Kecamatan dan Dinas Kesehatan.

Kedatangan tim penilai dalam rangka untuk memenuhi tugas Pemerintah Provinsi Kalsel, untuk melakukan penilaian Asman Toga dan Akupresur Tingkat Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022