Sebanyak 25 kelompok dari totoal 436 orang berasal dari tingkatan SD, SMP dan SMA sederajat dan organisasi perangkat daerah yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) mengikuti Karnaval Islami menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 Hijriah.

Kegiatan ini dilaksanakan Komunitas Pecinta Seni Budaya Hulu Sungai Selatan (Kompas Budaya) HSS dan Mitra Insan Pers Daerah (MIPD) HSS bersama Pemkab HSS, mengambil start depan pendopo bupati setempat.

Baca juga: Seminar jurnalistik Kejari HSS dan Mitra Amandit bina jurnalis muda daerah

“Kami dari Kompas Budaya mengucapkan terima kasih yang tiada terhingga kepada pemerintah daerah dan semua pihak yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan ini,” kata Ketua Kompas Budaya HSS, Iwan Sanusi, Sabtu (30/7) kemarin.

Pihaknya berharap makna dari karnaval dengan mengangkat tema “Semarak Muharram” menuju hijrah, bisa lebih meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, serta Kabupaten HSS selalu diberikan rahmat dan keberkahan.

Baca juga: Buka puasa bersama PT SAM dukung giat jurnalis muda HSS

Adapun tahun baru Islam memiliki makna yang penuh arti dan merupakan suatu hari yang penting bagi umat muslim, pasalnya, tahun baru Islam menandai peristiwa penting hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi.

Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriah, namun tahun Hijrah Rasulullah SAW dari Mekah ke Madinah diambil sebagai awal perhitungan bagi kalender Hijriah.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022