Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) H Rahmadian Noor  mewakili Bupati Hj. Noormiliyani AS didampingi Kepala Dinas Kesehatan Batola Azizah Sriwedari dan Kantor Kementerian Agama Batola menyambut sebanyak 72 jamaah asal Batola, di Asrama Debarkasi Haji Banjarbaru, Kamis (28/07/2022). 

72 jamaah haji Barito Kuala tiba Kamis 28 Juli 2022 sekitar pukul 04:00 Wita dari tanah suci Mekah. Rombongan tiba dengan pesawat Garuda Indonesia nomer penerbangan GIA-8203 dari bandara King Abdul Aziz.

Para jamaah sendiri berangkat dari Arab Saudi pada Rabu 27 Juli pukul 6.40 waktu Arab Saudi. 

Subag tata usaha Kemenag Batola Arif Rosadi mengucapkan rasa syukur karena para jamaah Batola bisa kembali dengan selamat ke Banua. 

Sebenarnya, menurut dia,  jamaah haji Batola berjumlah 73 orang, namun masih ada satu orang jamaah  bertahan di tanah suci Mekkah karena Sakit. 

Jamaah bertahan di tanah suci sendiri, sebut dia,  adalah Abdul Hamid berusia 59 tahun. 

"Mari kita doakan semoga beliau bisa lekas sehat dan segera kembali ke rumah, " harap Arif Rosadi. 

Arif Rosadi juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Batola sudah memberikan dukungan fasilitas baik itu transportasi, tenaga kesehatan dan dukungan lainnya. 

Sementara, Wakil Bupati Batola H Rahmadian Noor mengucapkan selamat dan menyalami para jamaah satu persatu. 

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengucapkan selamat datang dan selamat sudah menjalankan ibadah haji yang menjadi idaman banyak orang. 

"Terutama saat ini dengan aturan yang ada semakin terbatas kesempatan untuk menjalankan ibadah haji. Kita patut bersyukur masih diberikan kesempatan menjalankan ibadah haji, " ungkap pria yang juga ketua PMI Batola ini. 

Terpisah, Dinas kesehatan Batola melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinkes Batola Dwi Korawati mengungkapkan,  para jamaah haji Batola akan terus dimonitor kesehatannya selama 30 hari kedepan. 

"Nantinya petugas puskesmas akan memantau kesehatan para jamaah haji selama 30 hari kedepan, " jelasnya.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022