Prestasi besar berhasil dicapai Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di bawah komando sang direkturnya Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD karena mampu membuka empat Program Doktor atau strata tiga (S3) selama dua tahun terakhir.

"Alhamdulilah capaian ini berkat kerja bersama seluruh tim yang solid untuk memajukan Pascasarjana agar bisa menyediakan lebih banyak program pendidikan bagi masyarakat yang ingin meraih gelar akademik tertinggi," kata Ahmad Suriansyah atau akrab disapa Prof Sur kepada ANTARA, Senin.

Adapun empat S3 baru itu yakni Prodi Doktor Studi Pembangunan, Prodi Doktor Ilmu Lingkungan, Prodi Doktor Hukum dan Prodi Dokter Ilmu Kedokteran.

Sebelum tahun 2020, jumlah Prodi Doktor di ULM hanya satu yaitu Program Doktor Ilmu Pertanian. Capaian gemilang itu setelah Prof Sur memimpin Pascasarjana sebagai Direktur di tahun 2019 ditunjuk oleh Rektor ULM Prof Sutarto Hadi.
 
Direktur Pascasarjana ULM Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD saat syukuran dies natalis ke-16 Pascasarjana ULM. (ANTARA/Firman)



Tak ingin cepat berpuas diri, Prof Sur bersama unsur pimpinan lainnya Wakil Direktur Bidang Akademik Prof Agung Nugroho dan Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan Prof Muthia Elma dan tim terus mendorong Pascasarjana ULM bisa menambah lebih banyak pembukaan Program Doktor.

Saat ini Prof Sur dan tim sedang pengajuan perizinan tahap akhir untuk Prodi Doktor Ilmu Manajemen yang diharapkan keluar izinnya dalam waktu segera. Sehingga tahun 2022 ini diharapkan minimal ada enam Prodi Doktor di Pascasarjana ULM.

Kemudian untuk target berikutnya pembukaan 
Prodi Doktor Pendidikan Bahasa Indonesia dan Prodi Doktor Pendidikan IPS yang kini sedang menyusun pengusulannya ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Prof H Ahmad Suriansyah, MPd, PhD bersama tim saat syukuran Dies Natalis ke-16 tahun Pascasarjana ULM. (ANTARA/Firman)


Pada tahun akademik 2022-2023, lebih dari 800 orang diterima sebagai calon mahasiswa baru di Pascasarjana ULM baik program magister maupun doktor.

Sejak berdiri 16 tahun lalu, Pascasarjana ULM telah meluluskan ribuan alumni dengan 30 orang di antaranya bergelar doktor (S3).

Jumlah strata dua (S2) di bawah pengelolaan Pascasarjana ULM saat ini ada 11 program studi yaitu Program Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Program Magister Ilmu Perikanan, Program Magister Kehutanan, Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Magister Studi Pembangunan, Program Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Magister Pendidikan IPA, Program Magister Pendidikan Biologi, Program Magister Pendidikan IPS, serta Program Magister Pendidikan Jasmani.

Sedangkan Prodi S2 monodisiplin di bawah pengelolaan fakultas ada 13 yaitu Program Magister Agronomi, Program Magister Sosial Ekonomi Pertanian, Program Magister Kesehatan Masyarakat, Program Magister Teknik Sipil, Program Magister Teknik Kimia, Program Magister Hukum, Program Magister Kenotariatan, Program Magister Akuntansi, Program Magister Ilmu Ekonomi, Program Magister Manajemen, Program Magister Administrasi Bisnis, Program Magister Ilmu Pemerintahan, dan Program Magister Ilmu Administrasi Publik.

ULM

 

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022