Pelaihari (Antaranews Kalsel) - Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Laut, Kalimantan Selatan memberikan pelatihan pengolahan hasil perikanan laut kepada kelompok nelayan dan usaha kecil.


"Pada tahun 2016 ini kita telah memprogramkan pelatihan pengolahan hasil perikanan laut bagi kelompok nelayan di enam kecamatan pesisir laut," ujar Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Laut Ahmad Mustahdi di Pelaihari, Selasa.

Menurut dia, pelatihan tersebut merupakan upaya peningkatan perekonomian masyarakat.

Pelatihan pengolahan hasil perikanan laut yang diberikan itu berupa pengolahan krupuk ikan tenggiri, pengolahan terasi udang, pengolahan abon ikan, dan pengolahan amplang ikan.

Ia mengatakan pemberian pelatihan pengolahan ikan laut dibutuhkan karena daerah pesisir memiliki hasil laut yang cukup potensial.

Dengan diberikannya pelatihan pengolahan hasil perikanan laut tersebut, jelas dia, maka nelayan di enam kecamatan pesisir tersebut tidak hanya menjual hasil tangkapan ikannya saja, namun lebih dari itu dapat membuat produk makan dari bahan ikan.

Dalam pelatihan tersebut, pihaknya mendatangkan pemateri dari satuan kerja perangkat daerah terkait seperti, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Tanah Laut, Kantor Ketahanan Pangan dan tenaga pelatih lainnya.

Dinas Kelautan dan Perikanan Tanah Laut juga memberikan pelatihan-pelatihan lainnya berupa pelatihan peralatan tangkap ikan, pengawasan pembudidayaan kelautan, dan budidaya ikan air tawar maupun budidaya ikan air laut.

"Kami berharap pelatihan yang diberikan dapat membantu peningkatan pendapatan nelayan di enam kecamatan pesisir dan produk hasil olah dapat dipasarkan hingga keluar Tanah Laut," kata Ahmad Mustahdi.

Pewarta: Arianto

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016