DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi IV Bidang Kesra memperjuangkan fasilitasi RSUD Sambang Lihum terkait aspirasi penyandang cacat atau disabilitas.

Sekretaris Komisi IV yang juga membidangi sosial dan kesehatan tersebut, Firman Yusi SP mengemukakan itu menjawab Antara Kalsel sebelum bertolak ke Jakarta, Kamis (14/7/22) siang.

"Oeh sebab itu susuai apirasi para disabilitas Banua, Komisi IV yang diketuai HM Lutfi Saifuddin SSos dari Gerindra ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia di Jakarta," ujarnya.

"Aspirasi saudara-saudara kita dari disabilitas menginginkan salah satu fasilitas kesehatan pada Rumah Sakit (RS) Sambang Lihum milik pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel yang berada di Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar," lanjutnya.

Firman yang juga Sekretaris Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambahkan, bahwa penyandang disabilitas juga meminta pelayanan pada RS Sambang Lihum tersebut merupakan rumah sakit jiwa (,RSJ).

"Layanan kepada penyandang disabilitas itu terutama pada tingkatan sedang dan berat. Kita berharap konsultasi dengan Kemenkes tersebut membuahkan hasil," demikian Firman Yusi.

Konsultasi Komisi IV ke Kemenkes tersebut dalam rangkaian kunjungan kerja ke luar daerah yang terjadwal, 14 - 16 Juli 2022.





 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022