General Manager PT Angkasa Pura I Banjarmasin Gerry Melinzum menyatakan, pihaknya akan menindak calo tiket penumpang angkutan udara di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

Pernyataan itu dikemukakan saat menerima kunjungan Komisi III bidang pembangunan dan infrastruktur DPRD Kalimantan Selatan dipimpin H. Puar Junaidi ke Bandara Syamsudin Noor di wilayah Kota Banjarbaru, Senin siang.

Penindakan tegas terhadap calo tiket pesawat itu setidaknya pada H-7 menjelang lebaran Idul Fitri 1432 Hijriah atau setengah bulan lagi, tandasnya dihadapan rombongan Komisi III DPRD Kalsel yang juga membidangi perhubungan.

Menurut dia, gejala pencaloan tiket pesawat di Bandara Syamsudin Noor (sekitar 27 Km dari Banjarmasin) belakangan sudah mulai terlihat.

Menurut dia, tujuan "sweeping" terhadap calo tiket pesawat itu salah satu usaha memberikan pelayanan terbaik kepada para calon penumpang yang menggunakan jasa angkutan udara.

Selain itu, berusaha menyediakan fasilitas semaksimal mungkin kepada pengguna jasa angkutan udara baik bagi mereka yang mau berangkat maupun datang lewat Bandara Syamsudin Noor seperti penataan tempat keberangkatan dan kedatangan.

Mengenai peningkatan pemudik yang menggunakan angkutan udara, dia belum bisa memperkirakan kecuali menyebutkan, pada lebaran tahun lalu meningkat sekitar 13 persen.

"Geliat dan peningkatan pemudik lebaran yang menggunakan jasa angkutan udara biasanya mulai terlihat pada H-7 atau 23 Agustus bila Idul Fitri/1 Syawal 1432 H jatuh pada 30 Agustus 2011," demikian Melinzum.

Ketua Komisi III DPRD Kalsel yang juga Ketua Fraksi Partai Golkar, Puar Juanadi menanggapi positif pernyataan GM AP I Banjarmasin tersebut.

"Kita berharap pihak manajemen AP I dapat secara dini mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi saat membludaknya pemudik menggunakan jasa angkutan udara lewat Bandara Syamsudin Noor," demikian Puar.

Kunjungan Komisi III DPRD Kalsel ke Bandara, Syamsudin Noor itu untuk mengetahui sampai sejauhmana persiapan dan kesiapan pengelola Bandara tersebut dalam angkutan lebaran 1432 H/tahun ini.

Selain itu, ingin mengetahui langkah-langkah dan kebijakan pengelola Bandara Syamsudin Noor dalam mengantisipasi kemungkinan terjadi lonjakan pemudik yang menggunakan jasa angkutan udara,

Rombongan wakil rakyat itu juga meninjau Terminal Induk angkutan darat di Jalan A Yani Km-6 Banjarmasin serta melihat kondisi angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Pada kesempatan tersebut, rombongan Komisi III DPRD Kalsel itu juga menyinggahi terminal regional tipe A di Jalan A Yani Km17 Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar, untuk melihat sejauhmana perkembangan pembangunannya.

Terminal regional Kalsel tipe A di Km-17 Gambut itu, rencananya sebagai pengganti Terminal Induk Banjarmasin yang sudah penuh dengan angkutan kota (Angkot), AKDP dan AKAP yang terus bertambah.

Selain itu, rombongan Komisi III tersebut menyempatkan pula meninjau pembangunan kantor Sekretariat Daerah Kalsel yang berada di kawasan pusat perkantoran di Banjarbaru, 35 Km dari Banjarmasin.(Zal/A)   

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011