Bupati Banjar Saidi Mansyur meminta perpustakaan desa mampu menjadi sarana menguatkan budaya literasi masyarakat sehingga bisa menambah wawasan sekaligus meningkatkan pengetahuan.
 
Hal itu dikatakan bupati saat meresmikan perpustakaan desa yang diberi nama "Kita" di Desa Salat Makmur, Kecamatan Beruntung Baru, Kamis (30/06), saat melakukan kunjungan ke desa tersebut.
 
"Perpustakaan desa bisa menjadi sarana masyarakat belajar, mencari informasi, meningkatkan ilmu pengetahuan, menambah wawasan dan mengembangkan keterampilan," ujar bupati.
 
Ia mengatakan, hal itu bermanfaat bagi peningkatan kualitas sumber daya masyarakat di desa, sehingga mereka bisa mengembangkan potensi diri maupun potensi desa yang ditinggalinya. 
 
Di sisi lain, Perpustakaan Desa "Kita" di Desa Salat Makmur juga akan berfungsi lebih, baik sebagai pusat pembelajaran non formal atau penyelenggaraan paket pendidikan seperti paket A, B dan C.
 
"Kami berharap, perpustakaan ini juga memberikan kontribusi dalam peningkatan ketahanan keluarga, dimensi ketahanan sosial budaya, dan salah satu cara pencegahan perkawinan dini," pesannya.
 
Peresmian dilakukan bupati dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dilanjutkan meninjau pameran produk unggulan Desa Salat Makmur yang berada di samping gedung perpustakaan.
 
Diketahui, Desa Salat Makmur sesuai SK Bupati menjadi lokasi "Program Peningkatan Kualitas Keluarga Daerah" bulan Oktober mewakili Kabupaten Banjar dalam penilaian kualitas keluarga tingkat provinsi.
 
Baca juga: Sosialisasi penyesuaian tarif PTAM Intan Banjar diterima berbagai pihak
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022