Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad menghadiri Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni Antar Diniyah (PORSADIN) IV Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), di Pondok Pesantren Al Baladul Amin, Desa Telaga Langsat.

Mengangkat tema “Kembangkan Potensi, Bersama Raih Prestasi” PORSADIN IV Tingkat Provinsi Kalsel dibuka secara resmi melalui sambutan Kepala Biro Kesra Provinsi Kalsel, Akhmad Solhan yang mewakili Gubernur Kalsel.

“Selamat dan sukses kami ucapkan atas terselenggaranya PORSADIN IV tingkat Provinsi Kalsel tahun 2022 ini," katanya, dalam sambutan, Sabtu (25/6) kemarin.

Dijelaskan dia, dengan adanya PORSADIN ini dapat mempererat jalinan silaturahmi antar Madrasah Diniyah di Kalsel, serta dapat menjadi wadah bagi para peserta didik di Madrasah Diniyah untuk menunjukkan bakat potensi dan prestasi mereka.

Berbagai kompetensi yang diselenggarakan dilakukan secara berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten, dan provinsi hingga nantinya ke tingkat nasional.
 
Pembukaan PORSADIN IV Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Bupati HSS lepas keberangkatan 137 JCH

Disampaikan pula harapan agar dapat mempersiapkan dan membentuk generasi selanjutnya, yang mampu bersaing di era kemajuan teknologi saat ini.

“Kita tentunya sangat mengharapkan generasi generasi tersebut akan banyak lahir di banua kita, karena di era globalisasi seperti sekarang menuntut kita untuk terus bergerak," katanya.

Termasuk mempersiapkan generasi generasi yang mampu bersaing serta mampu menatap masa depan, dengan jiwa yang optimis dan percaya diri.

Sekarang era persaingan, eranya kemajuan teknologi informasi, yang menuntut terus bergerak berbenah dan berusaha untuk menjadi yang
terbaik

"Jika tidak maka akan tertinggal dan tidak mampu bersaing, jangan takut bermimpi jangan takut bercita cita. Terpenting selain berdo’a, hormati guru-guru dan berbakti kepada kedua orang tua, Insya Allah ilmu pengetahuan akan mudah didapat dan cita-cita dapat terwujud,” katanya.

Wabup HSS, Syamsuri Arsyad,  mengatakan bahwa Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) HSS menyambut baik terlaksananya PORSADIN Ke-4 tingkat provinsi Kalsel tahun 2022 di Kabupaten HSS.

Menurut dia, PORSADIN tingkat Kalsel ini diharapkan dapat menjadi media silaturahmi dan menambah kawan bagi anak-anak didik, sekaligus sebagai sarana mengembangkan minat dan bakat mereka di bidang seni dan olahraga, serta mengukir prestasi yang membanggakan.

Baca juga: HSS ditunjuk jadi tuan rumah PORSADIN 2022 tingkat provinsi
 
Pembukaan PORSADIN IV Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Sebagaimana diketahui bersama bahwa PORSADI adalah bentuk kegiatan untuk menggali dan mengembangkan potensi para santri Madrasah Diniyah.

"PORSADIN jadi aktualisasi diri adik-adik santri kita dari seluruh Madrasah Diniyah, di bidang olahraga dan seni Islami.selain kemampuan mengaji, tentunya melalui acara ini bakat lainnya bisa di salurkan dan dijadikan modal untuk berprestasi di ajang berikutnya”, katanya.

Pihaknya berharap kepada anak-anak peserta mengikuti penuh semangat dan mengeluarkan seluruh kemampuannya, menang dan kalah bukanlah menjadi tujuan utama.

"Tetapi menampilkan usaha maksimal harus diutamakan, pengalaman yang di peroleh dari kegiatan ini akan menjadi bekal berharga,” katanya.

Turut hadir,  Ketua PDW FKDT Provinsi Kalsel,  Forkopimda HSS kepala Kemenag Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kalsel, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Kalsel, Ketua MUI HSS, Camat Telaga Langsat beserta Muspika Telaga Langsat, dan para peserta PORSADIN.

Baca juga: Takmir Ramadhan Kemenag HSS mengisi kegiatan ibadah di bulan suci
 
Pembukaan PORSADIN IV Tingkat Provinsi Kalsel di Kabupaten HSS. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022