Kementerian Agama (Kemenag) Hulu Sungai Selatan (HSS) mengisi bulan suci Ramadhan dengan ragam kegiatan, yang dibingkai dalam Takmir Ramadhan.

Kepala Kantor Kemenag HSS, HM Yamani, di Kandangan, Senin (4/4), mengatakan ada empat kegiatan yang dilaksanakan selama Ramadhan ini, antara lain tausiah, shalat tarawih berjamaah, tadarus Al Qur'an dan Nuzulul Qur'an.

"Selain mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu Wataala di bulan suci, tentu kegiatan ini membina spiritualitas kita, mengeratkan silaturrahmi dan memakmurkan tempat ibadah," katanya.

Baca juga: Ketua MUI : Vaksinasi COVID-19 dengan suntikan tidak membatalkan puasa

Dijelaskan dia, tauisiah Ramadhan dilaksanakan rutin setiap hari pada jam kerja kecuali Jumat, sesudah shalat Zuhur bertempat di Mushalla Al Ikhlas, belakang kantor Kemenag HSS.

Untuk shalat tarawih berjamaah juga di tempat yang sama, dengan jemaah masyarakat sekitar dan mengundang siswa madrasah aliyah dan swasta yang dekat dengan perkotaan secara bergiliran, serta dari unsur karyawan dan karyawati kantor.

Daya tampung Mushalla Al Ikhlas sekitar 40 orang, dengan luasan yang mencukupi untuk dilaksanakan shalat tarawih. Mushalla tersebut sebelumnya diresmikan Bupati HSS H Achmad Fikry pada puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB).

Baca juga: Vaksin booster syarat mudik jelang Idul Fitri

"Ketiga melaksanakan tadarus Al Quran secara online, Alhamdulillah seminggu sekali tepatnya di hari Jumat kita melaksanakan khataman, dan yang terakhir dilakukan adalah khataman ke-19 sejak saya pindah tugas ke sini," katanya.

Ditambahkan dia, Nuzulul Qur'an juga akan dilaksanakan dalam rangkaian Takmir Ramadhan ini dengan jadwal menyusul, dengan harapan dari rangkaian ini akan menambah keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta mengisi ibadah di bulan suci Ramadhan.

Baca juga: Syaifullah Tamliha usul bandara internasional di Kambitin, Tanjung dukung IKN Nusantara
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022