Anak didik pemasyarakatan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura unjuk kebolehan di perkemahan bakti Pramuka yang digelar di Pramuka Kiram Park, Kabupaten Banjar.
 
Sebanyak delapan andikpas yang tergabung di Gugus Depan Pramuka LPKA Kelas I Martapura ikut ambil bagian pada kegiatan yang digelar Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel 24-26 Juni 2022.
 
Kepala LPKA Kelas I Martapura Rudi Sarjono mengatakan tujuan kegiatan adalah lebih meningkatkan kualitas pembinaan karakter kaum muda di Kalsel, khususnya bagi mereka yang tergabung dalam kepramukaan.
 
"Khusus bagi andikpas, meskipun mereka tengah menjalani masa pidana tetapi tidak membuat mereka dibatasi mendapatkan akses terkait kegiatan pendidikan, khususnya kepramukaan," ujar Rudi.
 
Ditekankan, pola asuh pembinaan yang diterapkan yakni mengikuti l asimilasi keluar LPKA Martapura untuk mempersiapkan mereka jadi manusia yang berguna sekaligus menghilangkan stigma andikpas.

Baca juga: Gerakan Pramuka jadi metode pola asuh Andikpas di LPKA Kelas I Martapura
 
Keikutsertaan andikpas dalam kegiatan didampingi dan diawasi petugas LPKA Martapura untuk menciptakan keamanan dan ketertiban selama penyelenggaraan kegiatan kepramukaan itu.
 
"Kami sudah memberikan pelatihan kepramukaan rutin kepada andikpas dan diharapkan mereka bisa tampil maksimal unjuk kebolehan sekaligus bersaing, berkolaborasi dan bekerja sama dengan anak lainnya," kata dia.
 
Perkemahan Bakti Pramuka dibuka Wakil Ketua I Bidang Organisasi dan Hukum Kwarda Gerakan Pramuka Kalsel M Rusli sekaligus inspektur upacara pada kegiatan yang diikuti pramuka penegak dan pandega itu.
 
Baca juga: Ka Cho'e : Banggalah jadi bagian dari Pramuka
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022