Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS) Syamsuri Arsyad, yang akrab disapai Ka Cho'e, memberikan motivasi  dalam sesi acara "Jumpa Tokoh" di perhelatan Jambore Cabang Gerakan Pramuka HSS 2022 Ke-11, di Cottage Perkemahan Gunung Kantawan, Loksado.

Ia mengatakan, berbanggalah para peserta jambore karena telah menjadi bagian dari keluarga besar pramuka. Dirinya sendiri sangat merasakan betapa keterampilan dan displin dalam pramuka.

"Sangat bermanfaat untuk kehidupan dan karir kita, Kaka bisa seperti sekarang ini karena mendapat gemblengan selama bertahun-tahun dalam pramuka. Jadi kalau kalian mau menjadi orang besar dan sukses, tetaplah di pramuka," katanya, Selasa (21/6) kemarin.

Dijelaskan dia, dengan memotivasi para peserta dengan menceritakan perjalanan hidupnya selama di pramuka hingga saat ini, banyak nilai tambah pelajaran dan pengalaman yang tidak bisa didapatkan, selain hanya di pramuka.
 
Wabup HSS, Syamsuri Arsyad akrab disapa Ka Cho'e berikan motivasi dalam sesi kegiatan Jambore Cabang Pramuka HSS di Cottage Perkemahan Gunung Kantawan, Loksado. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Wabup HSS harapkan pengurus DKC Pramuka bawa organisasi lebih baik

Pramuka merupakan sebuah keluarga besar yang sangat mengutamakan kebersamaan dalam mengatasi berbagai masalah, sehingga dalam jambore para peserta tentu mendapatkan pengalaman baru bagaimana hidup dalam sebuah kondisi yang seadanya.

Kalau selama ini enak di rumah, di sini mereka harus berbagi, merasakan segala sesuatunya bersama-sama. Hujan kehujanan, panas kepanasan, itulah semangat kekeluargaan yang dipupuk dalam pramuka.

"Untuk program ke depan Kwarcab Pramuka HSS adalah meningkatkan kualitas para pembina yang ada di masing-masing Gugus Depan. Kita sadar bahwa selama dua tahun COVID-19 banyak kegiatan pramuka yang tak bisa diselenggarakan," katanya.

Menurut dia, karena itu gaungnya sedikit banyak juga menurunkan minat para pelajar untuk ikut pramuka, dan segera akan pihaknya pacu kembali, agar semangat mereka menjadi anggota pramuka menjadi bergairah lagi.
 
Wabup HSS, Syamsuri Arsyad akrab disapa Ka Cho'e berikan motivasi saat
Jambore Cabang Pramuka. (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: Jambore XI di Loksado, 257 penggalang ambil bagian

Harapannya cuma satu, mereka yang masuk anggota pramuka bisa menjadi sosok lebih baik lagi ke depan. Dan juga supaya mereka terus aktif mengikuti jenjang-jenjang Kepramukaan yang ada, karena prinsip dipegang "Sekali Pramuka Tetap Pramuka".

Pun pada saat sesi dialog, beberapa pelajar anggota pramuka ini banyak yang penasaran menanyakan tentang kiat dan latar belakang Syamsuri Arsyad masuk sebagai anggota pramuka.

Semua dijawab Kak Cho'e dengan sesekali bercanda sehingga membuat suasana riuh dan gelak tawa, bagi mereka yang berani bertanya dikasih cinderamata.

Sebelumnya, ia telah berdialog dengan para pembina yang mendampingi dalam kegiatan ini, membahas kegiatan kepramukaan selanjutnya selepas Jambore Cabang kali ini, yang notabene merupakan kegiatan pertama Kwarcab HSS selepas COVID-19 yang mulai melandai.

Baca juga: Kwarcab HSS peringati hari Pramuka ke-60
 
Wabup HSS, Syamsuri Arsyad akrab disapa Ka Cho'e berikan motivasi dalam
sesi kegiatan Jambore Cabang Pramuka. (Antara/HO-Diskominfo HSS)

 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022